kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bantuan subsidi gaji termin II belum juga cair? Simak penjelasan BRI


Jumat, 06 November 2020 / 08:54 WIB
Bantuan subsidi gaji termin II belum juga cair? Simak penjelasan BRI
ILUSTRASI. Menteri tenaga Kerja Ida Fauziah memastikan, bantuan subsidi upah (BSU) termin kedua akan cair pada pekan ini. ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/pras.


Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menteri tenaga Kerja Ida Fauziah memastikan, bantuan subsidi upah (BSU) termin kedua akan cair pada pekan ini. BSU akan disalurkan kepada para pekerja yang terdampak pandemi corona yang bergaji di bawah Rp 5 juta. 

Bantuan sebesar Rp 600.000 per bulan tersebut diberikan untuk enam bulan. Total bantuan senilai Rp 2,4 juta tersebut disalurkan dalam dua tahap dengan masing-masing termin sebanyak Rp 1,2 juta. 

Gelombang pertama diberikan kepada 2,5 juta pekerja yang disalurkan melalui bank penyalur yang ditunjuk pemerintah, yaitu Bank Mandiri, Bank BNI, Bank BRI, dan Bank BTN. 

Hingga Kamis (5/11/2020) malam, belum ada respons dari Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) saat dimintai konfirmasi terkait kapan persisnya pencairan BSU termin II tersebut.

Baca Juga: Siap tengok rekening, bantuan subsidi gaji termin II dipastikan cair minggu ini

Sebelumnya, bantuan ini disalurkan secara bertahap yakni termin I sebesar Rp 1,2 juta pada September-Oktober 2020 dan termin II sebesar Rp 1,2 juta pada November-Desember 2020. 

Penjelasan BRI 

Sementara itu, Corporate Secretary Bank BRI, Aestika Oryza mengungkapkan penyaluran BSU termin II belum dimulai. Sejauh ini, pihaknya masih menunggu arahan dari Kemnaker.

"Saat ini penyaluran BSU tahap 2 belum dimulai. BRI sebagai bank penyalur menjalankan tugasnya sesuai dengan instruksi dari Kemnaker," ujar Aestika saat dihubungi Kompas.com, Kamis (5/11/2020). 

Baca Juga: Penjelasan Menaker terkait penyaluran subsidi gaji termin ke II

Terkait penyaluran BSU, Aestika mengungkapkan, pada termin II nantinya BRI akan menyalurkan dana BSU kepada 2,9 juta nasabahnya. "Untuk tahap 2, BRI akan menyalurkan sama seperti dengan tahap 1 yakni sebanyak 2,9 juta rekening," lanjut dia. 




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×