kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.306.000 -0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bank Indonesia Jajaki Kerja Sama Penggunaan Mata Uang Lokal dengan Sejumlah Negara


Senin, 09 Oktober 2023 / 20:40 WIB
Bank Indonesia Jajaki Kerja Sama Penggunaan Mata Uang Lokal dengan Sejumlah Negara
ILUSTRASI. BI bertekad untuk memperkuat transaksi penggunaan mata uang lokal di regional ASEAN. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/tom.


Reporter: Bidara Pink | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bank Indonesia (BI) berencana melebarkan sayap selebar-lebarnya, untuk merengkuh negara-negara menggunakan transaksi mata uang lokal atau yang dikenal dengan istilah local currency transaction (LCT). 

Setelah memiliki kerja sama dengan Malaysia, Jepang, Thailand, China, dan baru saja mengikat janji dengan Korea Selatan, BI tengah membidik negara-negara lain. 

"Dengan Vietnam, Brunei Darussalam, Kamboja, dan juga dengan India. Kami akan memperkuat penggunaan mata uang lokal," terang Gubernur BI Perry Warjiyo seperti yang ada dalam kanal Youtube Bank Indonesia, Senin (9/10). 

Baca Juga: Ekonom BSI Soroti 3 Sentimen Ini yang Membayangi Inflasi September

Perry juga menegaskan, BI bertekad untuk memperkuat transaksi penggunaan mata uang lokal di regional ASEAN. 

Menurutnya, ada manfaat yang bisa dipetik dari penggunaan mata uang lokal. 

Pertama, manajemen risiko dengan diversifikasi mata uang di tengah ketidakpastian global. Sehingga, Indonesia dan negara mitra tak tergantung dengan mata uang negara perkasa. 

Kedua, menghemat biaya. Ketiga, melancarkan perdagangan dan investasi. Keempat, penggunaan LCT menawarkan pilihan aset keuangan. 

Adapun hingga saat ini atau dari Januari 2023 hingga Agustus 2023, rata-rata nilai transaksi penggunaan mata uang lokal mencapai ekuivalen US$ 4,3 miliar. 

Baca Juga: Malaysia Jadi Mitra Utama Transaksi Penggunaan Mata Uang Lokal (LCT)

Jumlah tersebut naik 54% dari periode sama tahun sebelumnya dan bahkan telah melebihi rata-rata nilai transaksi LCT di sepanjang tahun 2022 yang sebesar US$ 4,1 miliar. 

Jumlah pelaku LCT pun meningkat pesat bila dibandingkan tahun lalu. Adapun hingga saat ini sudah tercatat 2.287 pelaku atau naik dari 1.741 pelaku. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Practical Business Acumen Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×