kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45932,92   5,28   0.57%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Banjir Jabodetabek, Bank Indonesia tetap beroperasi normal


Kamis, 02 Januari 2020 / 14:09 WIB
Banjir Jabodetabek, Bank Indonesia tetap beroperasi normal
ILUSTRASI. Gedung kantor pusat Bank Indonesia, Jakarta.


Reporter: Grace Olivia | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bank Indonesia (BI) mengumumkan kegiatan operasional sistem pembayaran dan operasi moneter tetap berjalan normal kendati adanya kondisi banjir di wilayah Jabodetabek sejak kemarin, Rabu (1/1) serta pasca hari raya Natal dan akhir tahun 2019. 

“Guna mengantisipasi perkembangan kondisi cuaca, BI akan senantiasa berkoordinasi dengan perbankan dan lembaga/otoritas terkait lainnya untuk menjamin kelangsungan layanan sistem pembayaran nontunai dan tunai secara aman dan lancar bagi masyarakat,” terang BI d alam rilis resmi Departemen Komunikasi BI, Kamis (2/1).

Baca Juga: Simas Insurtech: Cukup tambah biaya 0,1%, bisa dapatkan perlindungan asuransi banjir

Pertama, layanan sistem pembayaran nontunai, tetap berjalan normal didukung terjaganya kegiatan operasional sistem Bank Indonesia Real Time Gross Settlement (BI-RTGS) dan Sistem Kliring Nasional Bank Indonesia (SKNBI).

Kedua, layanan sistem pembayaran tunai  (layanan kas)  juga berjalan  normal  guna memenuhi kebutuhan masyarakat dalam memperoleh uang Rupiah yang layak edar. 

Ketiga, transaksi operasi moneter Rupiah dan valas yang normal didukung sistem Bank Indonesia Scripless Securities Settlement System (BI-SSSS) dan Bank Indonesia Electronic Trading Platform (BI-ETP) yang tetap terjaga. 

Baca Juga: Banjir melanda Jakarta, begini respon Grab dan Gojek

Terakhir, BI juga mengumumkan bahwa kegiatan operasional Jakarta Interbank Offered Rate (JIBOR) dan Indonia tetap berjalan sebagaimana mestinya. 

“BI juga akan terus memastikan kegiatan operasi moneter serta pasar uang tetap berjalan lancar dan normal guna menjaga likuiditas dan stabilitas perekonomian,” tutup BI. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Strategi Penagihan Kredit / Piutang Macet secara Dini & Terintegrasi serta Aman dari Jerat Hukum

[X]
×