kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

Bambang Soesatyo nilai Puan Maharani kompeten jadi ketua DPR


Selasa, 14 Mei 2019 / 15:37 WIB

Bambang Soesatyo nilai Puan Maharani kompeten jadi ketua DPR


KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Bambang Soesatyo berkomentar soal wacana menjadikan Puan Maharani sebagai ketua DPR periode 2019-2024.

Bambang menanggap Puan cukup kompeten untuk menduduki jabatan tersebut. "(Puan Maharani) berkompeten," ujar Bambang di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (14/5).

"Kalau PDI-P menunjuk Mbak Puan ya harus kita dukung. Itu ketentuan politiknya dan saya setuju," tambah dia.

Aturan mengenai penentuan pimpinan DPR periode 2019-2024 ini diatur pada ayat 1 Pasal 427D dalam Undang-Undang MPR, DPR, DPD, dan DPRD. Dalam UU tersebut, partai pemenang Pileg 2019 berhak menduduki jabatan ketua DPR.

Sementara posisi wakil ketua diisi oleh perwakilan partai dengan perolehan suara terbanyak berikutnya. Politisi Golkar ini mengatakan sejauh ini partainya diprediksi menempati urutan kedua dalam Pileg 2019.

Artinya, Golkar kemungkinan mendapat posisi wakil ketua DPR pada periode selanjutnya. "Kalau Golkar sendiri nanti kita kembalikan ke pimpinan Golkar (mengenai siapa yang menduduki posisi wakil ketua DPR)," kata dia.

Bambang mengatakan susunan pimpinan DPR periode selanjutnya diatur berdasarkan urutan perolehan suara. Masing-masing partai tidak boleh intervensi terhadap siapa yang ditunjuk partai lain sebagai pimpinan DPR.

"Golkar tidak bisa ikut campur dengan internal PDI-P. Begitu juga sebaliknya dengan internal Gerindra, begitu juga sebaliknya. Jadi itu urusan internal masing-masing partai," kata dia. (Jessi Carina)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Bambang Soesatyo Anggap Puan Maharani Kompeten Jadi Ketua DPR "


Sumber : Kompas.com
Video Pilihan


Close [X]
×