kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45945,59   -4,58   -0.48%
  • EMAS933.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.41%
  • RD.CAMPURAN 0.26%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.03%

Bakal ada bansos Rp 300.000 yang cair akhir tahun, sudah tahu informasinya?


Kamis, 28 Oktober 2021 / 06:24 WIB
Bakal ada bansos Rp 300.000 yang cair akhir tahun, sudah tahu informasinya?
ILUSTRASI. Pemerintah akan menggelontorkan kembali bantuan sosial Rp 300.000 di akhir tahun 2021.

Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ada kabar baik. Pemerintah akan menggelontorkan kembali bantuan sosial Rp 300.000 di akhir tahun 2021. Dana bansos tersebut berasal dari optimalisasi anggaran di Kementerian Sosial. 

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, penyaluran bansos dilakukan untuk menurunkan tingkat kemiskinan ekstrem di 35 kabupaten/kota di 7 provinsi yang sudah menjadi prioritas pemerintah. 

"Top up (bansos) menggunakan dana optimalisasi di Kemensos di mana (besaran bansos) Rp 300.000 pada 35 kabupaten/kota prioritas terutama untuk penanganan kemiskinan ekstrem," kata Airlangga dalam konferensi pers evaluasi program PC-PEN, Selasa (26/10/2021). 

Airlangga berharap, program ini berhasil menurunkan tingkat kemiskinan ekstrem. Adapun ketujuh provinsi yang dimaksud, yakni Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, NTT, Maluku, Papua Barat, dan Papua. 

Baca Juga: 3 Cara cek pencairan BSU tahap 4 dan 5 dari Kemnaker Rp 1 juta

"Di bulan Desember akan dilakukan sensus oleh BPS di 35 kabupaten/kota tersebut (untuk mengetahui tingkat kemiskinan ekstrem)," beber Airlangga. 

Asal tahu saja, pemerintah menargetkan tingkat kemiskinan ekstrem menurun secara bertahap dan mencapai 0 persen di tahun 2024. 

Tahun depan, pemerintah memperluas program ke 215 kabupaten/kota. Kemudian pada tahap ketiga, perluasan kembali dilakukan di 500 kabupaten/kota. 

Wakil Menteri Keuangan, Suahasil Nazara menyampaikan, penerima bansos Rp 300.000 itu akan diambil dari data Kartu Sembako dan Program Keluarga Harapan (PKH) yang dioptimalisasi. Data yang akurat dibutuhkan untuk memperkecil penerima yang tidak berhak.

Baca Juga: Kemenaker targetkan penyaluran BSU rampung bulan depan

"(Bansos) akan kita pastikan supaya bisa membantu masyarakat paling miskin. Di sisi lain, BLT Dana Desa terus diberi kepada masyarakat pedesaan untuk memastikan yang belum masuk sebagai penerima bantuan program pusat, bisa menerima bantuan juga dalam rangka mengurangi kemiskinan ekstrem," pungkas Suahasil.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Siap-siap, Ada Bansos Rp 300.000 Cair Akhir Tahun Ini"
Penulis : Fika Nurul Ulya
Editor : Erlangga Djumena

 

Selanjutnya: Cek status BLT subsidi gaji, login bsu.kemenaker.go.id pakai email atau nomor HP

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×