kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bahlil Resmikan Pembangunan Pabrik Keramik Senilai Rp 1,5 Triliun di KIT Batang


Selasa, 07 Juni 2022 / 22:31 WIB
Bahlil Resmikan Pembangunan Pabrik Keramik Senilai Rp 1,5 Triliun di KIT Batang
ILUSTRASI. Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia. ANTARA FOTO/Harviyan Perdana Putra/foc.


Reporter: Dendi Siswanto | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia hadir secara langsung dalam seremoni peletakan batu pertama PT Rumah Keramik Indonesia (PT RKI) di Kawasan Industri Terpadu (KIT) Batang, Jawa Tengah siang ini (07/06).

Pabrik keramik yang akan dibangun di lahan seluas 13,4 hektar ini sekaligus menjadi Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) pertama yang dilakukan groundbreaking di KIT Batang. Adapun total investasi yang diperoleh dari pembangunan pabrik keramik ini kurang lebih mencapai Rp 1,5 triliun dan diperkirakan dapat menciptakan kurang lebih 1.000 lapangan pekerjaan.

Bahlil juga mengapresiasi langkah PT RKI yang dalam waktu dekat akan melakukan pembangunan pabriknya di KIT Batang, Jawa Tengah. Bahlil menegaskan bahwa investasi di Indonesia tidak hanya dari Penanaman Modal Asing (PMA) saja, akan tetapi juga kontribusi dari PMDN.

Baca Juga: Bahlil: Indonesia Siap Dongkrak Kerja Sama dengan Inggris

“PT RKI ini merupakan PMDN pertama yang melakukan groundbreaking. Ini menunjukkan kepada dunia bahwa Indonesia menuju satu babak baru untuk menjadi pemain di negerinya sendiri. Jadi tuan di negerinya sendiri,” ujar Bahlil.

Bahlil menjelaskan bahwa pembangunan PT RKI ini berkontribusi dalam mengurangi substitusi impor. Bahlil mendorong PT RKI untuk nantinya dapat meningkatkan kapasitas produksinya, mengingat belum dapat terpenuhinya kebutuhan dalam negeri saat ini.

“Jangan ragu untuk investasi keramik, karena pembangunan selalu naik baik di Jawa maupun Luar Jawa. Pertumbuhan dan permintaan bahan bangunan akan selalu naik. Kebutuhan dalam negeri saja masih impor,” imbuh Bahlil.

Dalam kesempatan ini, Bahlil juga menyampaikan bahwa selain Tax Allowance yang telah diberikan, Kementerian Investasi/BKPM juga akan memberikan fasilitas pembebasan pajak atas impor barang mesin yang diperlukan oleh PT RKI, serta terkait dengan pasokan dan penetapan harga gas di KIT Batang. Hal ini merupakan wujud komitmen pemerintah dalam mendukung pengusaha lokal dalam membangun investasinya di negeri sendiri.

Sementara itu, Direktur PT RKI menyampaikan apresiasinya atas dukungan Kementerian Investasi/BKPM dan Kementerian/Lembaga (K/L) terkait lainnya sehingga dapat terlaksana rencana pembangunan PT RKI di KIT Batang, Jawa Tengah ini.

Pembangunan PT RKI ini merupakan bentuk berkontribusi pada program substitusi impor sebesar 35% dan mengoptimalkan pemenuhan kebutuhan dalam negeri. PT RKI ini direncanakan akan mulai berproduksi secara komersial pada bulan Februari 2023 mendatang.

Baca Juga: Menteri Bahlil Soroti Regulasi Global Investasi di Pasar Karbon yang Belum Cukup Adil

“Kami percaya pemerintah akan mengupayakan strategi khusus yang komprehensif dalam rangka perlindungan dan keberlangsungan industri keramik secara nasional,” ujar Surya.

Dalam kesempatan tersebut, Menteri Investasi/Kepala BKPM juga menyaksikan secara langsung Penandatanganan Komitmen Kerjasama Usaha Bersama antara PT RKI dengan beberapa pelaku usaha lokal/UMKM. Penandatanganan komitmen kerjasama ini dibuat sebagai bentuk dukungan dari para pelaku usaha lokal/Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) terhadap pembangunan pabrik keramik PT RKI dengan total nilai Rp385 triliun.

Adapun nilai ekspor produk keramik Indonesia pada tahun 2021 sebesar US$ 373,5 juta atau meningkat sebesar 36,0% dibanding tahun 2020. Sementara nilai impor produk keramik pada tahun 2021 sebesar US$ 697,6 juta atau meningkat sebesar 41,9% dibanding tahun sebelumnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×