kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,20   -16,32   -1.74%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Arab Saudi tangguhkan visa, berapa sebenarnya jumlah jemaah asal Indonesia?


Jumat, 28 Februari 2020 / 04:17 WIB
Arab Saudi tangguhkan visa, berapa sebenarnya jumlah jemaah asal Indonesia?


Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Secara mengejutkan, Arab Saudi mengeluarkan pengumuman yang menegaskan penangguhan sementara visa umrah untuk berbagai negara. Kebijakan ini dinilai akan berdampak kepada banyak hal, salah satunya sektor penerbangan. Hal ini lantaran banyaknya orang Indonesia yang pergi ke Arab Saudi untuk melangsungkan ibadah umrah.

Lantas berapa banyak jumlah jamaah umrah Indonesia?

"Sebagai latar belakang tentang persoalan ini bahwa jumlah jamaah 5 tahun terakhir alami perkembangan yang sangat pesat," ujar Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Muhadjir Effendy di Jakarta, Kamis (27/2/2020).

Baca Juga: Penerbangan ke Arab Saudi dihentikan sementara mulai Jumat (28/2)

Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Muhadjir Effendy menyebut, saat ini jumlah jamaah umrah dan haji Indonesia mengalami kenaikan dibandingkan 5 tahun terakhir. Pada 2014-2015, jumlah jamaah umrah Indonesia mencapai 649.000 orang.

Sementara pada 2018-2019, jumlahnya mencapai 974.650 jamaah. Bahkan kata Muhadjir, jumlah jemaah umrah sempat tembus 1,5 juta orang pada 2017-2018.

Baca Juga: Pemerintah kaji kompensasi penerbangan umrah yang batal akibat kebijakan Arab Saudi

Muhadjir mengatakan, menghormati keputusan penangguhan visa umrah yang dilakukan oleh Arab Saudi. Namun, pemerintah masih menantikan nota diplomatik dari Arab Saudi. "Langkah antisipatif yang kami rancang, satu Pemerintah Indonesia menunggu nota diplomatik, dan kami menyambut positif larangan tersebut dan memahami demi kepentingan warganya," katanya.

Baca Juga: Arab Saudi tangguhkan kunjungan umrah, travel agen menghitung potensi kerugian

Sebelumnya, Staf Khusus Menteri Agama Ubaidillah Amin mengatakan, pihaknya sudah mulai memberhentikan pengajuan visa tujuan umrah dan kunjungan ke Arab Saudi mulai hari ini. Oleh karenanya, ia meminta kepada seluruh biro travel umrah untuk mengiformasikan kepada jemaahnya terkait penangguhan sementara pengajuan visa akibat virus corona.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Visa Ditangguhkan, Berapa Banyak Jemaah Umrah Asal Indonesia?"
Penulis : Ade Miranti Karunia
Editor : Yoga Sukmana

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×