kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45922,74   -8,61   -0.92%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Apkasi imbau kesiapan pemda dalam penanganan virus corona


Minggu, 05 April 2020 / 10:03 WIB
Apkasi imbau kesiapan pemda dalam penanganan virus corona
ILUSTRASI. Ilustrasi tes virus corona di Indonesia


Reporter: Vendi Yhulia Susanto | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ketua Umum Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) Abdullah Azwar Anas mengimbau agar daerah melakukan kesiapan dalam pencegahan dan penanganan virus corona (Covid-19). Salah satunya dengan realokasi anggaran dalam rangka percepatan penanganan virus corona

"Terkait realokasi ini, saya melihat para pemimpin daerah telah melakukan banyak inisiasi untuk melakukan realokasi dan harapan kami realokasi ini bisa tepat sasaran untuk keperluan masyarakat terkait dengan penanganan Covid-19," kata dia kepada Kontan.co.id, Jumat (3/4).

Apkasi menilai, program-program atau kegiatan-kegiatan rutin yang tidak penting dapat tidak dilakukan saat pandemi virus corona. Sehingga anggaran tersebut bisa di realokasi untuk mendukung penanganan virus corona di wilayah tersebut.

Baca Juga: Terbitkan Instruksi Mendagri, Pemda diminta segera percepat realokasi anggaran

Azwar mencontohkan, saat ini Pemerintah Daerah (Pemda) Banyuwangi telah merealokasi anggaran dan refocusing kegiatan untuk penanganan virus corona sebesar Rp 78,5 miliar.

Anggaran itu digunakan untuk peningkatan kapasitas kesehatan, memberikan perlindungan dan proteksi kepada masyarakat terdampak, dan untuk jaring pengamanan sosial.

"Penyiapan infrastruktur untuk dua rumah sakit untuk melengkapi ventilator dan lain-lain, begitu juga itu anggaran untuk jaring pengaman sosial, dan di Banyuwangi sudah jalan kegiatan-kegiatan ini dan pemerintah telah dengan cepat memberikan arahan, baik oleh Kemendagri (Kementerian Dalam Negeri) maupun kementerian teknis yang lain," ujar dia.

Selain itu, Azwar mengimbau agar kepala daerah menggerakkan seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama mendukung program pencegahan virus corona.

"Jika masyarakat bisa digerakkan, gotong royong bersama akan banyak hal bisa diatasi," ungkap Azwar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×