kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Amankan HUT RI, polisi siagakan Densus 88 dan ribuan personel di DKI


Sabtu, 17 Agustus 2019 / 07:52 WIB
Amankan HUT RI, polisi siagakan Densus 88 dan ribuan personel di DKI
ILUSTRASI. Amankan HUT RI, polisi siagakan Densus 88 dan ribuan personel di DKI


Sumber: Kompas.com | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Polri dan TNI mengerahkan personel gabungan sebanyak 7.500 orang untuk mengamankan HUT ke-74 Kemerdekaan Indonesia di Jakarta, Sabtu (17/8).

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen (Pol) Dedi Prasetyo mengatakan, pengamanan akan fokus di Istana Negara.

Baca Juga: Akan ada kejutan jelang detik-detik Proklamasi 17 Agustus di Istana

"Di Jakarta pengamanan khususnya fokus di Istana, itu SOP-nya di atas 5.000 lah, sama teman-teman TNI, sekitar 7.500 hingga 8.000, karena kita tetap antisipasi, teror tetap (diantisipasi)," ujar Dedi di Gedung Humas Mabes Polri, Jakarta Selatan, Jumat (16/8).

Ia mengatakan, tim Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri juga disiagakan sebagai langkah antisipasi teror oleh kelompok teroris.

Dedi mengatakan, kelompok teroris memang kerap kali mengincar perhelatan nasional sehingga antisipasi dan kesiapsiagaan personel harus terus dilakukan.

"Signal teror itu akan terus melakukan serangan di setiap event nasional, dia selalu mencari momen itu, kita tidak boleh lengah, Densus tetap siaga. Ini momentum negara bisa dimanfaatkan oleh orang-orang pelaku teror oleh JI atau JAD melakukan serangan," katanya.

Selain itu, pihak TNI-Polri juga akan melakukan pengamanan HUT RI di seluruh wilayah Indonesia, termasuk Papua.

Baca Juga: Antisipasi pergerakan KKB dari Nduga, pasukan TNI disebar, termasuk di Freeport

Menurut dia, tidak ada rencana untuk menambah pasukan sebab jumlah personel di Papua dirasa cukup untuk mengendalikan situasi keamanan.

"Di Papua tetap dengan kondisi pasukan TNI-Polri yang ada, di sana sudah ada satgas, itu sudah cukup untuk betul-betul mengendalikan keamanan di sana," ungkap Dedi. (Devina Halim)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Jaga Keamanan HUT RI, Polri Siagakan Densus 88 dan Kerahkan Ribuan Polisi di DKI",

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×