kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45928,35   -6,99   -0.75%
  • EMAS1.321.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

AHY Jadi Menteri Kabinet Jokowi, SBY Bersyukur


Rabu, 21 Februari 2024 / 18:27 WIB
AHY Jadi Menteri Kabinet Jokowi, SBY Bersyukur
ILUSTRASI. Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono memberikan salam sebelum dilantik sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta, Rabu (21/2/2024). Presiden melantik Agus Harimurti Yudhoyono menjadi Menteri ATR/Kepala BPN menggantikan Hadi Tjahjanto yang dilantik menjadi Menko Polhukam pada sisa masa jabatan periode tahun 2019-2024 Kabinet Indonesia Maju. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/rw?.


Sumber: Kompas.com | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) bersyukur putra sulungnya Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) masuk kabinet Presiden Joko Widodo.

Hal itu disampaikan AHY usai dilantik sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) oleh Presiden Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Rabu (21/2/2024).

Baca Juga: Ini Pesan Presiden Jokowi Kepada Hadi Tjahjanto dan AHY

AHY menyebut ayah kandungnya itu berpikir bahwa dengan masuk ke kabinet menjadi momentum bagi Partai Demokrat kembali ke pemerintahan.

"Beliau tentunya juga bersyukur karena ini menjadi sebuah momentum Partai Demokrat kembali ke pemerintahan," ujar AHY.

"Banyak yang mungkin belum menyadari Demokrat selama 9 tahun 4 bulan berada di luar pemerintahan. Dan ini sebuah momentum bersejarah karena alhamdulilah apa yang kami perjuangkan selama ini bisa lebih direalisasikan jika Demokrat bergabung di pemerintahan secara langsung," jelasnya.

Dengan masuk di kabinet, kata AHY, Partai Demokrat akan mengisi kebijakan di ranah eksekutif.

Baca Juga: Presiden Jokowi Melantik Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) Jadi Menteri ATR/BPN

Selain itu, partai berlambang bintang mercy tersebut akan membantu Kabinet Indonesia Maju hingga akhir masa pemerintahan Presiden Jokowi.

Saat ditanya apakah ada tekanan tersendiri parpolnya masuk ke kabinet setelah sekian lama menjadi oposisi, AHY mengaku tidak ada. Hanya saja, dia mengakui perlu beradaptasi.

"Memang perlu adaptasi. Yang jelas kalau ditanya keluarga besar Demokrat sangat senang karena bagaimanapun memang tujuan utama dari politik, termasuk partai politik, adl bisa berkontribusi seluas-luasnya melalui jalur pemerintahan, eksekutif maupun legislatif," paparnya.

"Demokrat hari ini bersama pemerintah, ada dalam pemerintah, jadi jelas kami biasanya disiplin sesuai dengan kebijakan partai. Kami ingin mengawal pemerintahan Presiden Jokowi dan kami semua sampai dengan tuntas, bisa mengejar semua target, termasuk target ATR/BPN yang luar biasa," tambahnya.

Baca Juga: AHY Dikabarkan Jadi Menteri ATR/BPN, Ini Respon Istana

Adapun pada Rabu, AHY dilantik sebagai Menteri ATR/BPN. AHY menggantikan posisi Hadi Tjahjanto yang sebelumnya menjadi Menteri ATR/BPN.

Sementara itu, Hadi Tjahjanto pada Rabu ini dilantik sebagai Menko Polhukam. Hadi menggantikan Mahfud MD yang sebelumnya telah mengundurkan diri karena menjadi calon wakil presiden (cawapres) peserta Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "SBY Bersyukur AHY Masuk Kabinet Jokowi"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×