kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Agar tak busuk di gudang, Bulog akan lepas 50.000 ton cadangan beras pemerintah


Selasa, 02 Juli 2019 / 13:16 WIB
Agar tak busuk di gudang, Bulog akan lepas 50.000 ton cadangan beras pemerintah


Sumber: Kompas.com | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Perum Badan Usaha Logistik (Bulog) bakal melepaskan 50.000 ton Cadangan Beras Pemerintah (CBP). 

Direktur Utama Bulog Budi Waseso mengatakan, pelepasan beras tersebut dilakukan untuk menghindari beras rusak karena terlalu lama disimpan di gudang. 

"Bukan berarti kualitasnya sudah turun, bukan. Kami selalu menjaga dan mengawasi setiap bulan. Kalau yang sudah turun kualitasnya itu langsung kita karantina. Upaya ini dilakukan untuk penyelamatan supaya beras tidak busuk di gudang," kata Budi Waseso di sela-sela halal bihalal Bulog di Jakarta, Selasa (2/7). 

Bila 50.000 ton beras itu dilepas, kata Budi, hal ini mampu membantu Bulog untuk melakukan penyerapan beras CBP kembali disamping terbatasnya gudang penyimpanan yang hanya mampu menampung 2,7 ton. 

Adapun 50.000 ton beras ini akan dilepas sebagai beras komersial. Nantinya, 50.000 ton beras ini akan diganti ke beras baru sebagai CBP kembali. Budi juga menyebut pihaknya akan melepas 1 juta ton dari total CBP meski belum terlihat perubahan mutu sejak disimpan 1 tahun yang lalu. 
Pun beras ini bisa berpotensi ekspor ke beberapa negara tetangga seperti Timor Leste dan Papua Nugini. 

"Tapi kembali lagi, diizinkan enggak oleh negara kalau kita lepas beras itu. Kalau tidak dikasih pelepasan yang 1 juta ini, enggak ada yang bisa kita harapkan lagi untuk menampung beras baru. Kalau kita serap terus, kita mesti sewa gudang," jelasnya. 

Sebagai informasi, stok beras di gudang Bulog mencapai 2,5 ton CBP dan 143.000 ton beras komersil. Untuk mendistribusikan stok beras CBP dan menghindari kerusakan beras di gudang, Bulog melakukan berbagai upaya hilirisasi. 

Adapun hilirisasi tersebut antara lain, program Ketersediaan Pasokan dan Stabilisasi Harga (KPSH), menjual komersial lewat Rumah Pangan Kita (RPK) dan melalui program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT). (Fika Nurul Ulya)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com berjudul: "Buwas: Bulog Lepas 50.000 Ton Beras Supaya Tak Busuk di Gudang"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×