kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Afirmasi peringkat utang Indonesia dari Fitch Ratings bisa jaga keyakinan investor


Selasa, 23 November 2021 / 20:50 WIB
Afirmasi peringkat utang Indonesia dari Fitch Ratings bisa jaga keyakinan investor


Reporter: Bidara Pink | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Lembaga pemeringkat Fitch Ratings mempertahankan peringkat utang atau sovereign credit rating Indonesia pada peringkat BBB (investment grade) dengan outlook stabil. 

Fitch sebelumnya mempertahankan peringkat utang Indonesia pada BBB outlook stabil pada 22 Maret 2021. 

Kepala ekonom Bank Permata Josua Pardede memandang, afirmasi peringkat Indonesia oleh Fitch Ratings ini menandakan pandangan akan prospek perekonomian Indonesia tetap stabil ke depannya. 

Hal ini pun menjadi angin segar bagi prospek aliran modal asing ke pasar keuangan domestik. Pasalnya, ini bisa memperkuat kepercayaan para investor untuk menanamkan modal di Indonesia. 

Baca Juga: Fitch Ratings pertahankan peringkat utang RI di level BBB, ini kata Gubernur BI

“Dengan afirmasi peringkat ini, diperkirakan demand investor terhadap aset keuangan Indonesia tidak terlalu berubah banyak dari sebelumnya seiring dengan tidak berubahnya premi risiko Indonesia,” ujar Josua kepada Kontan.co.id, Selasa (23/11). 

Sementara itu, outlook dari Fitch Ratings terkait Indonesia adalah stabil. Josua memandang, ini belum akan mendorong kenaikan permintaan yang signifikan. 

Namun, ia optimistis, dengan prospek perekonomian yang membaik diikuti dengan komitmen pemerintah untuk mengembalikan batas utang di level rendah, potensi peningkatan peringkat maupun perbaikan outlook bisa terbuka. 

Hanya secara keseluruhan, Josua yakin afirmasi peringkat ini mampu menopang fundamental ekonomi Indonesia dalam menghadapi tantangan dan risiko global ke depan, termasuk normalisasi kebijakan bank sentral global. 

Selanjutnya: Fitch Ratings pertahankan peringkat utang Indonesia di level BBB, outlook stabil

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×