kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

ADB dan UNICEF ikut melawan pandemi Covid-19 di Indonesia


Rabu, 15 April 2020 / 09:54 WIB
ADB dan UNICEF ikut melawan pandemi Covid-19 di Indonesia
ILUSTRASI. Petugas medis memeriksa kesiapan alat di ruang ICU Rumah Sakit Darurat Penanganan COVID-19 Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, Senin (23/3/2020). Presiden Joko Widodo yang telah melakukan peninjauan tempat ini memastikan bahwa rumah sakit darurat ini siap dig


Reporter: Rahma Anjaeni | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Asian Development Bank (ADB) dan United Nations Children’s Fund (UNICEF) menjalin kerja sama dalam memerangi wabah virus Corona (Covid-19).

Kerja sama ini, ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman (MOU) oleh Perwakilan UNICEF Indonesia Debora Comini dan Direktur ADB untuk Indonesia Winfried Wicklein.

Baca Juga: Penumpang KRL membludak di Stasiun Citayam di hari pertama PSBB Depok

Melalui kemitraan tersebut, ADB dan UNICEF akan bekerja sama dalam meningkatkan berbagai program bagi anak-anak, remaja, perempuan, dan kelompok masyarakat tertinggal lainnya di Indonesia.

Program kemitraan ini menyangkut beberapa bidang seperti kesehatan, air, sanitasi dan kebersihan, pendidikan, nutrisi, perlindungan sosial, dan perubahan iklim, serta ketahanan bencana.

Tak hanya itu, kemitraan ini juga akan mendukung tanggap darurat Indonesia dalam menghadapi pandemi Covid-19. Termasuk, penyediaan peralatan medis yang sangat penting, seperti alat pelindung diri (APD) bagi tenaga medis di seluruh Indonesia.

Adapun bantuan yang berkaitan dengan Covid-19, akan dibiayai melalui hibah dari Asia Pacific Disaster Response Fund ADB dan UNICEF sebagai salah satu mitra pelaksana utama. Besaran bantuan yang akan diberikan ini senilai US$3 juta yang disetujui oleh ADB pada 20 Maret 2020 lalu.

“Kerja sama ini akan memungkinkan kami untuk bersama-sama membantu pemerintah dalam mengatasi dampak pandemi Corona di Indonesia dengan sesegera mungkin, serta mendukung prioritas pembangunan pemerintah dalam jangka menengah dan panjang,” ujar Winfried Wicklein di dalam keterangan tertulis, Rabu (15/4).

Baca Juga: Gejala lain pasien corona yang tak boleh diabaikan: Muncul batuk disertai darah

Debora Comini mengungkapkan, kesepakatan ini akan memformalkan kerja sama antara ADB dan UNICEF yang sudah terjalin sejak lama di Indonesia.

“Kami sama-sama berkomitmen untuk menggunakan seluruh keahlian, pengetahuan, dan jaringan kami guna membantu anak-anak dan remaja mencapai potensi terbaik mereka,” kata Debora.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×