kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45981,95   -5,95   -0.60%
  • EMAS1.164.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ada 107,6 Juta Pelaku Perjalanan Saat Nataru, Polri Siapkan Pengaturan Lalu Lintas


Senin, 11 Desember 2023 / 20:21 WIB
Ada 107,6 Juta Pelaku Perjalanan Saat Nataru, Polri Siapkan Pengaturan Lalu Lintas
ILUSTRASI. Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo. Ada 107,6 Juta Pelaku Perjalanan di Natal dan Tahun Baru, Polri Siapkan Pengaturan Lalu Lintas.


Reporter: Ratih Waseso | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pemerintah telah menyiapkan sejumlah langkah antisipasi untuk pengamanan jelang Natal dan tahun baru 2024. Dimana pada momen tersebut berdasarkan survei Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan ada 107,6 juta orang yang melakukan perjalanan saat Natal dan tahun baru. 

Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo mengatakan, pihaknya mempersiapkan operasi lalu lintas sebagai upaya pengamanan pengawalan rangkaian kegiatan Natal dan tahun baru. Adapun saat Natal dan tahun baru nanti bakal dilaksanakan operasi lilin mulai tanggal 20 Desember hingga 2 Januari.

"Dimana kegiatannya melibatkan kurang lebih 129.923 personel baik Polri, TNI maupun seluruh stakeholder terkait," kata Listyo di Komplek Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (11/12).

Baca Juga: Polri Mulai Mempersiapkan Jalur Arus Mudik Lebaran Idul Fitri 2023

Selain itu, untuk pengaturan lalu lintas, Listyo menyebut bahwa jajarannya akan menerapkan sejumlah upaya rekayasa lalu lintas seperti pengaturan contra flow hingga sistem satu arah (one way). 

“Tentunya kita sudah memiliki rumus terkait traffic counting yang kemarin sudah kita coba pada saat hari raya Idul Fitri,” imbuhnya.

Sementara itu, terkait pelaksanaan kegiatan ibadah dalam perayaan Natal, Ia menuturkan bahwa jajarannya akan turut melakukan pengamanan dalam pelaksanaan ibadah baik pada tanggal 25 Desember maupun tanggal lainnya. Sejumlah personel Polri telah disiapkan untuk mengamankan sejumlah rumah ibadah.

“Dan juga tentunya memfasilitasi manakala di suatu tempat orang atau umat yang akan melaksanakan kegiatan ibadah terganggu karena tidak ada tempat,” ujarnya.

Baca Juga: Jangan ke Monas Saat Malam Tahun Baru, Ini Alasannya

Selain kegiatan keagamaan atau perayaan tahun baru, kegiatan politik dan penyaluran bantuan kepada masyarakat pun turut menjadi perhatian pemerintah. Ia menyebut, jajarannya akan turut mengawal berjalannya distribusi sembako hingga bahan bakar kepada masyarakat.

“Oleh karena itu operasi pemantauan harga-harga, operasi untuk mengawal distribusi sembako, untuk mengawal BBM khususnya bagi masyarakat yang berada di jalur-jalur yang macet kemudian harus ada bantuan terkait dengan distribusi bbm maka Polri bersama rekan-rekan dari Pertamina tentunya sudah membuat satgas khusus,” lanjutnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×