kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.308.000 -0,76%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

7 Ruas Jalan Tol Ini Akan Dibuka Fungsional untuk Kelancaran Mudik Lebaran 2024


Rabu, 27 Maret 2024 / 16:00 WIB
7 Ruas Jalan Tol Ini Akan Dibuka Fungsional untuk Kelancaran Mudik Lebaran 2024
ILUSTRASI. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan membuka tujuh ruas tol secara fungsional untuk mendukung kelancaran arus mudik dan balik Lebaran tahun 2024.


Reporter: Venny Suryanto | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan membuka tujuh ruas tol secara fungsional untuk mendukung kelancaran arus mudik dan balik Lebaran tahun 2024.

Anggota BPJT Unsur Masyakarat Tulus Abadi mengatakan, jalan tol fungsional merupakan jalan bebas hambatan yang berpotensi digunakan secara darurat, tetapi dapat dilalui para pengendara untuk sampai wilayah tertentu dengan waktu tempuh yang lumayan memangkas waktu perjalanan.

"Terdapat 7 ruas jalan tol yang berpotensi untuk difungsionalkan yang ada di Pulau Jawa dan Pulau Sumatera pada saat arus mudik dan balik Lebaran nanti. Diantaranya terdapat 3 ruas tol fungsional di Pulau Jawa dan 4 ruas tol fungsional di Pulau Sumatera," ujar Tulus, Rabu (27/3). 

Baca Juga: Jelang Mudik Lebaran 2024, Menhub Ingatkan Beberapa Titik Rawan Macet

Tujuh ruas tol tersebut adalah Jalan Tol Cimanggis - Cibitung Seksi 2B Cikeas - Cibitung sepanjang 19,65 Km, Jalan Tol Jakarta -  Cikampek II Selatan Paket 3 Kutanegara - Sadang sepanjang 8,5 Km dan Jalan Tol Solo - Yogyakarta - YIA Kulonprogo Seksi Colomadu - Klaten sepanjang 22,3 Km.

Selanjutnya di Pulau Sumatera terdapat jalan tol yang juga berpotensi untuk difungsionalkan. Yakni Jalan Tol Bangkinang - Koto Kampar sepanjang 24,7 Km, Jalan Tol Kuala Tanjung - Tebing Tinggi - Parapat Seksi 2 Kuala Tanjung - Indrapura sepanjang 9, 47 Km dan Seksi 3 - 4 Tebing Tinggi - Sinaksak sepanjang 47,15 Km.

Kemudian Jalan Tol Indrapura - Kisaran Seksi 2 Lima Puluh - Kisaran sepanjang 32,15 Km, dan ?Jalan Tol Kayuagung - Palembang - Betung Seksi 3 sebagian dari IC Musilandas - Desa Sukamulya sepanjang 21,2 Km.

Tulus menambahkan, selama melintasi jalan tol fungsional pada mudik lebaran, pemudik tidak dikenai tarif alias gratis saat memasuki dan keluar dari jalan tol tersebut. Namun pengendara dapat melakukan tapping pembayaran di gerbang tol dengan kartu uang elektronik (jika disiapkan gerbang tol).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Practical Business Acumen Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×