kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45949,77   2,75   0.29%
  • EMAS928.000 -0,22%
  • RD.SAHAM 0.64%
  • RD.CAMPURAN 0.16%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

5 Provinsi ini catat lonjakan kasus kematian Covid-19, mana saja?


Rabu, 10 November 2021 / 04:51 WIB
5 Provinsi ini catat lonjakan kasus kematian Covid-19, mana saja?
ILUSTRASI. Secara umum, angka kematian pasien virus corona di Indonesia terus mengalami penurunan. (KONTAN/Carolus Agus Waluyo)

Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Angka kematian pasien virus corona di Indonesia terus mengalami penurunan. Pada periode 1-7 November 2021 penurunan angka kematian mencapai lebih dari 30% dibandingkan dengan minggu sebelumnya. Hal tersebut diungkapkan oleh Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito. 

“Bahkan penurunan angka kematian di minggu ini lebih rendah dari penurunan angka kasus positif, yaitu turun 31,7%,” kata Wiku dalam konferensi pers daring, Selasa (9/11/2021). 

Meski demikian, kata Wiku, terdapat lima provinsi yang mencatatkan kenaikan angka kematian pasien Covid-19 di Tanah Air. Lima provinsi itu yakni: 

  1. Sulawesi Utara naik 5 kasus kematian
  2. Sumatera Barat naik 3 kasus
  3. Sulawesi Selatan naik 2 kasus
  4. Riau naik 2 kasus
  5. Kalimantan Barat naik 1 kasus. 

Kendati kenaikan tersebut terbilang sangat sedikit, lanjut Wiku, upaya menurunkan angka kematian pasien tetap harus dilakukan. 

Baca Juga: Tingkatkan cakupan vaksinasi, pemerintah daerah diminta segera habiskan ketersediaan

“Kita harus tetap menyadari bahwa satu nyawa pun terhitung sangat berharga. Jika tujuan kita adalah endemi Covid-19, maka kita tidak dapat menoleransi bahkan satu kematian pun,” ujarnya. 

Untuk mencegah terjadinya lonjakan kematian, Wiku meminta gubernur dari 5 provinsi yang mencatatkan angka kematian tertinggi terus berkoordinasi dengan bupati dan wali kota di daerah mereka agar meningkatkan pelayanan pasien Covid-19, utamanya pada gejala sedang dan berat. 

“Tidak hanya di rumah sakit namun juga perlu diperhatikan untuk yang melakukan isolasi mandiri,” kata dia. 

Selain angka kematian, Satgas mencatat, terdapat 5 provinsi yang mencatatkan kenaikan kasus Covid-19 harian. Kelimanya yakni Papua Barat naik 100 kasus, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) naik 77 kasus, DKI Jakarta naik 46 kasus, Sulawesi Tenggara naik 7 kasus, dan Kepulauan Bangka Belitung naik 5 kasus. 

Baca Juga: UPDATE Vaksinasi Covid-19 per 9 November: Ada penambahan vaksinasi 1,92 juta dosis

Meski penambahan ini terbilang sedikit, kata Wiku, antisipasi tetap harus dilakukan untuk mencegah terjadinya ledakan kasus. 

“Mohon kepada seluruh gubernur dari kelima provinsi yang naik di minggu ini untuk segera berkoordinasi dengan bupati dan wali kota di bawahnya untuk mengantisipasi adanya kenaikan kasus di minggu berikutnya dan terus meningkatkan pencegahan penularan Covid-19 di wilayahnya,” kata dia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Satgas Ungkap 5 Provinsi Catatkan Kenaikan Kasus Kematian Covid-19"
Penulis : Fitria Chusna Farisa
Editor : Krisiandi

 

 

Selanjutnya: Usai Akuisisi Menara Sarana Menara (TOWR) Kian Menjulang Tinggi

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Kiat Penyusunan Business Plan yang efektif Strategic B2B Selling in Challenging Time

[X]
×