kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,52%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

17.480 lampion di 31 daerah saat pelantikan Jokowi


Kamis, 16 Oktober 2014 / 13:30 WIB
17.480 lampion di 31 daerah saat pelantikan Jokowi
ILUSTRASI. Waspadai! Ini Berbagai Penyakit Setelah Lebaran.


Sumber: TribunNews.com | Editor: Yudho Winarto

JAKARTA. Jelang pelantikan presiden dan wakil presiden Joko Widodo dan Jusuf Kalla (JK), Panitia Nasional Syukuran Rakyat terus melakukan persiapan. Pada tanggal 20 Oktober 2014 akan dilaksanakan pelepasan lampion terbanyak di dunia.

Rencananya pelepasan lampion ini berjumlah sebanyak 17.480 lampion di 31 daerah di Indonesia secara serentak. Dijadwalkan pelepasan lampion ini akan dilakukan pada pukul 19.00 WIB dengan dibuka oleh Presiden terpilih Joko Widodo secara simbolis.

Pelepasan lampion ini akan masuk dan dicetak dalam Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai pelepasan lampion terbanyak.

Menurut Koordinator untuk Daerah dan Lampion, Ferdinand Hutapea, pelepasan lampion ini mempunyai pesan dan harapan bagi pemerintahan Jok Widodo dan Jusuf Kalla. Dipilihnya angka 17.480 dalam pelepasan lampion merupakan simbol yang mewakili jumlah pulau-pulau di nusantara sebagai pulau yang telah terdaftar.

"Ini bentuk permohonan doa dan harapan dengan melepas permohonan ke angkasa yang terbaik buat bangsa Indonesia. Pemerintahan Jokowi-JK bisa terang dan pelita harapan bagi dunia,"kata Ferdinand di Cemara 19, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (16/10).

Adapun 31 daerah yang akan ikut ambil bagian dalam pelepasan lampion dan menyambut pemerintahan baru tersebut tersebar dari ujung barat hingga ujung timur Indonesia.

Diantaranya Sabang, Medan, Pekanbaru, Batam, Danau Toba, Bengkulu, Palembang, Lampung, Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Solo, Semarang, Malang, Surabaya, Denpasar, Kupang, Ende, Talaud, Samarinda, Banjarmasin, Palangkaraya, Pontianak, Makasar, Kendari, Palu, Manado, Ambon, Sorong, Jayapura dan Merauke.

Ferdinand menambahkan, pelepasan di tiap daerah hampir merata kecuali Jakarta. Pelepasan lampion di tiap daerah tersebut akan berkisar 750 lampion karena memiliki daerah yang lebih luas.
"Pelepasan lampion oleh masyarakat kita sarankan di pinggir laut dan di kota-kota besar di lapangan terbuka,"kata Ferdinand.

Selain pelepasan lampion di berbagai daerah, beberapa negara di luar negeri juga ikut serta dalam pelepasan lampion. Diantaranya Jerman, Inggris, Hongkong, dan negara lainnya.

Untuk diketahui, Syukuran Rakyat atas pelantikan Jokowi-JK akan dimeriahkan berbagai acara. Syukuran ini akan dimulai dari tanggal 17-20 Oktober 2014. Diantaranya diskusi, doa dan dzikir bersama, pawai berbagai kesenian, karnaval batik, sepeda onthel, dan perwakilan dari seluruh daerah di Indonesia.

Syukuran Rakyat ini juga akan menyediakan berbagai makanan tradisional yaitu bakso, siomay, ketoprak dan makanan lainnya dengan tema "Makan Gratis Sampai Habis."

Pada sore harinya Jokowi-JK akan bergabung dengan Slank dan ratusan artis lainnya saat menggelar konser rakyat di Tugu Monas. Rencananya Jokowi akan menyapa seluruh rakyat Indonesia dalam pidato kerakyatan. (Randa Rinaldi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×