NASIONAL
Berita
Sei Mangke dan Tanjung Lesung jadi kawasan ekonomi khusus

KAWASAN EKONOMI KHUSUS

Sei Mangke dan Tanjung Lesung jadi kawasan ekonomi khusus


Telah dibaca sebanyak 1035 kali

JAKARTA. Pemerintah telah menunjuk dua kawasan Sei Mangke, Sumatera Utara dan Tanjung Lesung, Banten sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) tahun ini. Hingga 2014, ditargetkan akan ada lima KEK lagi.

Menteri bidang Perekonomian Hatta Rajasa mengatakan, kawasan Sei Mangkei memiliki potensi di bidang perkebunan seperti kelapa sawit. “Perusahaan seperti Unilever telah menetapkan investasinya tidak di Jawa tetapi di Sei Mangkei,” usai memimpin rapat koordinasi tentang KEK di Kemenko Perekonomian, Jumat (28/10).

Sementara Kawasan Tanjung Lesung akan berbasis pada kawasan wisata terpadu. Namun sayangnya, Hatta menyebutkan daerah tersebut masih sangat tertinggal. “Nantinya diharapkan bisa membangun kawasan selatan di Banten yang masih tertinggal,” imbuhnya.

Penetapan dua daerah itu akan ditegaskan dalam Peraturan Presiden. Sementara tiga kawasan lainnya yang akan ditunjuk adalah Bitung di Sulawesi Utara, Mandalika di Lombok, dan Palu di Sulawesi Tengah, dan satu daerah lagi di Kalimantan.

Deputi Menko Perekonomian bidang Infrastruktur Lucky Eko mengatakan, nilai investasi di Sei Mangkei sebesar Rp 5,7 triliun, sementara di Tanjung Lesung senilai Rp 3,8 triliun.

Dia menjelaskan sebenarnya ada 65 usulan daerah untuk menjadi KEK. Namun hanya ada delapan daerah saja yang dinyatakan lulus sebagai calon KEK yang diprioritaskan. Dengan demikian, 57 daerah lainnya harus menunggu hingga kedelapan daerah yang lolos seleksi itu menjadi KEK hingga tahun 2014.

Editor: Lamgiat Siringoringo
Telah dibaca sebanyak 1035 kali



Syarat & Ketentuan Komentar :
  1. Tidak memuat isi bohong, fitnah, sadis dan cabul.
  2. Tidak memuat isi yang mengandung prasangka dan kebencian terkait dengan suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA), serta menganjurkan tindakan kekerasan.
  3. Tidak memuat isi diskriminatif atas dasar perbedaan jenis kelamin dan bahasa, serta tidak merendahkan martabat orang lemah, miskin, sakit, cacat jiwa, atau cacat jasmani.
  4. KONTAN memiliki kewenangan mutlak untuk mengedit atau menghapus komentar yang bertentangan dengan ketentuan ini.

LIPSUS

LIPSUS Update

  • DJP minta caleg dan capres transparan data pajak

    +

    Pemilihan anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dan presiden baru sebentar lagi mewarnai tahun 2014

    Baca lebih detail..

  • Akbar Tandjung siap jadi cawapres Jokowi

    +

    Ketua Dewan Pertimbangan Partai Golkar Akbar Tandjung menyatakan siap maju sebagai bakal calon wakil presiden, termasuk berpasangan dengan Joko Widodo

    Baca lebih detail..