Penyerapan APBD di Gorontalo ngebut lampaui target

Jumat, 14 April 2017 | 18:01 WIB Sumber: Antara
Penyerapan APBD di Gorontalo ngebut lampaui target


GORONTALO.  Hasil evaluasi serapan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) triwulan pertama tahun 2017, Pemerintah Provinsi / Pemprov Gorontalo klaim realisasi 7fisik dan keuangan melampaui target. Realisasi fisik penyerapan APBD 2017 sudah mencapai 17,51% per akhir Maret, lebih besar dari target 11,33%.

Untuk penyerapan keuangan, pada triwulan pertama ditargetkan hanya 8,98% tapi bisa dicapai sebesar 12,02%. "Ini berkat kerja dan peran aktif dari seluruh SKPD di lingkungan Pemprov Gorontalo," kata Kepala Biro Pengendalian Pembangunan dan Layanan Pengadaan (P2LP) Pemprov Gorontalo, Wahyudin Katili, Jumat (14/4).

Ia mengakui, meskipun pada dasarnya sebagian besar telah melampaui target, namun ada beberapa SKPD belum mencapainya. Selain kendala kinerja, ada juga kendala subtansi non kinerja yang mempengaruhi realisasi sehingga masih di bawah target.

Saat ini, ada 27 SKPD yang mampu melampaui target fisik pada triwulan pertama, dengan capaian ralisasi fisik tertinggi sebesar 29,31% ada pada Dinas Pendidikan dan Olah Raga. "Sementara itu 5 SKPD lainya, masih berada di bawah realisasi target pada triwulan pertama, diantaranya Dinas Kelautan dan Perikanan, Dinas Perumahan, Koperasi UMKM, Dinas Kominfo dan Biro Umum," jelas Wahyudin.

Untuk target keuangan, hanya ada 25 SKPD yang mampu mencapai target, dengan capaian tertinggi ada pada Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Gorontalo, yaitu sebesar 32,08%.

Khusus untuk Dinas Kesehatan Gorontalo untuk keuangan memang belum capai target, karena kendalanya bukan pada faktor kinerja, namun di situ ada hutang pembayaran BPJS. Begitu juga dengan Biro Umum, terdapat kendala pada sewa Kendaraan Dinas Operasional (KDO), yang seharusnya mampu dicapai bisa sampai 20%, namun karena ada perubahan aturan, maka KDO tersebut harus dibicarakan lebih lanjut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru