: WIB    —   
indikator  I  

Megawati di posisi 1 daftar 99 wanita berpengaruh

Megawati di posisi 1 daftar 99 wanita berpengaruh

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pada Rabu (11/10), Globe Asia merilis daftar 99 wanita paling berpengaruh di Indonesia. Presenter Najwa Shihab masuk dalam daftar bergengsi ini. Lalu, siapa wanita yang memiliki pengaruh terbesar saat ini di Indonesia versi Globe Asia?

Megawati, jawabannya. Menurut situs www.globeasia.com, Megawati berhasil mempertahankan kepemimpinannya dalam beberapa tahun terakhir, setelah menyelesaikan hubungan yang sebelumnya tegang dengan kadernya di PDI-Perjuangan, Presiden Joko Widodo. Dia terus mempertahankan keragaman Indonesia, baik dari sisi ras, agama, kepercayaan dan cara hidup sesuai dengan prinsip yang ditetapkan oleh ayahnya, Sukarno.

Globe Asia juga menilai, Megawati sangat menonjol dalam mempertahankan peran sentral ideologi Pancasila karena menghadapi tantangan lain dari garis keras Muslim. Di dalam PDI-P, Megawati masih tetap menjadi penentu dalam debat apapun, dan hingga saat ini, belum ada fungsionaris partai yang siap mengambil posisi tanpa dukungannya.

Posisi kedua dalam daftar Globe Asia adalah Ibu Negara Iriana Joko Widodo. Iriana terus mempertahankan profilnya yang rendah hati, dan lebih memilih suaminya untuk mendominasi panggung utama kehidupan politik.

Sebagai istri, Iriana mencontohkan wanita tradisional Jawa yang mendukung sepenuhnya karir suami. Ibu dari tiga anak -Gibran Rakabuming Raka, Kahiyang Ayu dan Kaesang Pangarep- telah mendapat pujian dari banyak kalangan sebagai simbol kesederhanaan, dedikasi dan kebijaksanaan. Iriana juga membantu mempromosikan peran perempuan dengan mendukung kerajinan dan industri kreatif lainnya dan telah aktif mempromosikan program pembangunan manusia Indonesia di bidang pendidikan dan perawatan kesehatan.

Kemudian, di posisi ketiga adalah Mufidah Kalla. Mufidah dan Wakil Presiden Jusuf Kalla baru-baru ini merayakan ulang tahun pernikahan emas mereka dengan mengadakan pesta besar di sebuah hotel di Jakarta Selatan. Mufidah Miad Saad, yang menikahi Jusuf pada tahun 1967, lahir di Sibolga, Sumatra Utara pada tahun 1943 dan bertemu dengan JK saat duduk di bangku SMA di Makassar. Pasangan ini memiliki lima anak - Muchlisa, Muswirah, Imelda, Solichin dan Chaerani.

Selain mendukung dan merawat keluarga, Mufidah juga memimpin Dewan Kerajinan Indonesia (Dekranas), yang perannya mendukung industri kreatif, mempersiapkan produk yang berkualitas tinggi dan mendorong kerja sama antar organisasi untuk menumbuhkan industri kreatif nasional.

Kemudian, ada Menteri Keuangan Sri Mulyani di posisi keempat. Sri Mulyani telah menunjukkan posisinya dengan mengelola anggaran nasional untuk mencapai hasil yang optimal. Dia juga mendapatkan pujian atas program amnesti pajak yang berakhir pada tanggal 31 Maret, yang secara luas diakui sebagai salah satu program yang paling berhasil.

Pada usia 55, Sri Mulyani tidak asing lagi dengan kritik. Apalagi saat ini banyak kritik yang datang terkait dengan meningkatnya tingkat hutang nasional, yang kini mencapai $ 333 miliar. Dia membantah kritik tersebut dan menunjukkan bahwa tingkat hutang jauh di bawah jumlah negara lain, termasuk negara maju, dan perlu dilihat dalam konteks PDB Indonesia yang sedang berkembang.

Beberapa tokoh wanita lain yang masuk daftar yakni Rini Soemarno, Puan Maharani, Retno Marsudi, Susi Pudjiastuti, Tri Rismaharini, dan Khofifah Indar Parawansa.


Reporter Barratut Taqiyyah Rafie
Editor Barratut Taqiyyah Rafie

TOKOH

Feedback   ↑ x