Kontan News
  : WIB    --   
indikator  I  

Jalan lintas timur Sumatera siap untuk Lebaran

Jalan lintas timur Sumatera siap untuk Lebaran

JAKARTA. Jalan Lintas Timur (Jalintim) ruas Bandar Lampung-Palembang dinyatakan siap untuk dilalui kendaraan untuk arus mudik Lebaran 2013. Direktur Bina Pelaksanaan Wilayah I Kementerian Pekerjaan Umum (PU), Subagio menyatakan, kondisi jalan nasional sepanjang 360 kilometer (km) tersebut sudah dalam kondisi oke 94%.

Kendati begitu, Subagio mengakui, masih ada beberapa titik yang tengah dikerjakan, dan pada H-10 jalan tersebut siap untuk dilalui pemudik. "Pengerjaan misalnya di bypass Bandar lampung sepanjang 18,1 km. Dan juga pelebaran jalan 2x7 meter sepanjang 10 km sebanyak 4 lajur," katanya dalam siaran pers yang dikutip Kontan, Rabu (10/7).

Subagio menambahkan, pada saat masa mudik nanti angkutan berat, kecuali truk pemasok sembako, tidak akan diijinkan lagi melintas sehingga jalan ini dapat dilalui dengan lebih cepat. "Biasanya jalur ini ditempuh dalam 10 jam. Pada saat mudik nanti bisa lebih cepat," tuturnya.

Kepala Satuan Kerja Pembangunan Jalan Wilayah I Lampung, Adri Saputra, menimpali, masih ada beberapa titik Jalintim yang menghubungkan Lampung-Palembang berada dalam kondisi yang kurang mantap.

Untuk itu, pihaknya tengah giat melakukan penanganan jalan berupa peningkatan dan perawatan jalan. "Yang kurang mantap seperti di daerah Kayuagung dan Indralaya (Palembang)," jelasnya. Ia optimistis, dengan pengerjaan perbaikan jalan lintas timur yang dilakukan saat ini bisa selesai pada H-10 Lebaran tahun ini.


Reporter Fahriyadi
Editor Dikky Setiawan

JALAN LINTAS TIMUR SUMATERA

Feedback   ↑ x
Close [X]