NASIONAL
Berita
Jabatan Kepsek di Jakarta juga akan dilelang

LELANG JABATAN

Jabatan Kepsek di Jakarta juga akan dilelang


Telah dibaca sebanyak 899 kali
Jabatan Kepsek di Jakarta juga akan dilelang

JAKARTA. Setelah menerapkan seleksi jabatan terbuka (lelang jabatan) untuk Lurah dan Camat, Pemprov DKI Jakarta berencana menggunakan sistem tersebut untuk jabatan kepala sekolah negeri, mulai dari SD, SMP, SMA, sampai SMK.

Saat ini, kata Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Taufik Yudi Mulyanto, rencana seleksi terbuka tersebut masih dibahas dengan Badan Kepegawaian Daerah (BKD), Biro Hukum, dan Biro Organisasi Tata Laksana (Ortala). "Semua Kepala Sekolah Negeri akan dilelang. Hari ini kita rapatkan," kata Taufik, Jumat (12/7) kemarin.

Namun, kata Taufik, berbeda dengan Lurah dan Camat yang peserta seleksinya berasal dari berbagai bidang, untuk seleksi kepala sekolah hanya akan dibuka secara terbatas. Yakni untuk semua guru yang ada di Jakarta saja dan terbatas pada ilmu pendidikan.

"Formatnya masih digodok, memang Kepsek harus dari internal pendidikan, karena ini adalah PNS fungsional," katanya. Nantinya, kata Taufik, peserta akan menjalani beberapa tes, seperti tes potensial akademik, psikotes, wawancara, dan paparan visi misi.

Dikatakannya, kebijakan ini juga akan digabungkan dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang telah ada sebelumnya sehingga kebijakan lelang ini tidak menabrak aturan yang berlaku.

Taufik menambahkan, lelang jabatan kepala sekolah diterapkan agar menciptakan transparansi dalam dunia pendidikan. Berbeda dengan selama ini yang dilakukan dengan cara penunjukan.

Menurut Taufik, lelang akan dilakukan untuk jabatan kepala sekolah di 117 SMA, 63 SMK, 289 SMP, dan 2.200 SD. Semua guru yang memenuhi persyaratan bisa mengajukan menjadi peserta seleksi.

"Peserta adalah guru berpotensi, guru berprestasi, wakil kepala sekolah, atau kepala sekolah. Tapi juga dilengkapi dengan syarat pengalaman mengajar," katanya. (Tribunnews.com)

 

Editor: Barratut Taqiyyah
Telah dibaca sebanyak 899 kali



Syarat & Ketentuan Komentar :
  1. Tidak memuat isi bohong, fitnah, sadis dan cabul.
  2. Tidak memuat isi yang mengandung prasangka dan kebencian terkait dengan suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA), serta menganjurkan tindakan kekerasan.
  3. Tidak memuat isi diskriminatif atas dasar perbedaan jenis kelamin dan bahasa, serta tidak merendahkan martabat orang lemah, miskin, sakit, cacat jiwa, atau cacat jasmani.
  4. KONTAN memiliki kewenangan mutlak untuk mengedit atau menghapus komentar yang bertentangan dengan ketentuan ini.

LIPSUS

LIPSUS Update

  • DJP minta caleg dan capres transparan data pajak

    +

    Pemilihan anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dan presiden baru sebentar lagi mewarnai tahun 2014

    Baca lebih detail..

  • Akbar Tandjung siap jadi cawapres Jokowi

    +

    Ketua Dewan Pertimbangan Partai Golkar Akbar Tandjung menyatakan siap maju sebagai bakal calon wakil presiden, termasuk berpasangan dengan Joko Widodo

    Baca lebih detail..