kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Gempa Lombok, Sri Mulyani: Soal anggaran kita dukung penuh


Senin, 06 Agustus 2018 / 23:05 WIB
Gempa Lombok, Sri Mulyani: Soal anggaran kita dukung penuh
ILUSTRASI. Petugas melakukan pencarian korban gempa Lombok


Reporter: Patricius Dewo | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pemerintah akan siapkan anggaran untuk bantu korban gempa di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Sri Mulyani, Menteri Keuangan bilang, pemerintah akan menyiapkan anggaran yang disesuaikan dengan kebutuhan.

Sri Mulyani mengatakan, fokus terutama yang akan dilakukan oleh pemerintah adalah dengan melakukan tahap emergency, yaitu memfokuskan pada penyelamatan sebanyak mungkin pada korban jiwa.

Oleh karena itu pihak pemerintah sendiri akan mendukung penuh dari segi anggaran agar Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk segera turun ke lapangan dengan cepat.

"Oleh itu BNBP sudah akan turun dan akan mendukung sepenuhnya, anggaran untuk mereka akan kita sediakan agar kita bisa beroperasi secara cepat," ujar Sri Mulyani. Senin (6/8).

Selain itu, pemerintah juga akan melakukan identifikasi pada tahap kerusakan pada bangunan milik masyarakat ataupun bangunan milik pemerintah. Adapun kerusakan pada bangunan masyarakat dikategorikan menjaga tiga yaitu, rusak ringan, sedang, dan rusak berat.

"Kedua ketika akan melakukan identifikasi pada tahap kerusakan, biasanya kita akan lihat pada keseluruhan bangunan sama seperti gempa pada Yogya dan Padang, kita akan lihat bangunan kalau milik pemerintah kita bisa investarisasi, kalau yang milik masyarakat terutama rumah kita kategorikan kepada tiga kelompok sedang, ringan, berat, kita lihat bagaimana kompensasinya sesuai dengan nilai yang sekarang,” ujarnya.

Terakhir, Sri Mulyani menegaskan bahwa soal anggaran pemerintah akan dukung penuh. Namun, untuk angkanya Sri Mulyani belum bisa menjabarkan. "Soal anggaran intinya tapi kita siap saja dukung, mengenai berapa besarnya itu akan dilihat sesuai dengan kerusakan di lokasi bencana,” paparnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×