: WIB    --   
indikator  I  

Cicilan naik, porsi konsumsi dan tabungan turun

Cicilan naik, porsi konsumsi dan tabungan turun

Pengeluaran konsumsi dan tabungan turun, porsi cicilan naik


JAKARTA. Meski rasa optimistis di Juli tahun ini sedikit meningkat dibanding bulan sebelumnya, konsumen justru mengurangi pengeluaran konsumsi dan tabungan di bulan tersebut. Ini sebagai efek dari lonjakan pengeluaran untuk pembayaran cicilan pinjaman.

Hasil survei konsumen Juli 2017 yang dilakukan Bank Indonesia (BI) menunjukkan bahwa rata-rata proporsi pengeluaran konsumen untuk pembayaran cicilan pinjaman naik menjadi 15,4% dari bulan sebelumnya yang sebesar 14,5%.

Sebaliknya, porsi untuk konsumsi turun jadi 64,0% dari bulan sebelumnya yang sebesar 64,5% dan porsi untuk tabungan turun jadi 20,6% dari bulan sebelumnya sebesar 21%.

Penurunan porsi pengeluaran konsumsi terjadi pada hampir semua tingkat pengeluaran. Penurunan terbesar terjadi pada kelompok responden dengan pengeluaran Rp 1 juta-Rp 2 juta per bulan yaitu dari 69,1% menjadi 66,4%.

"Kemudian kelompok responden dengan pengeluaran di atas Rp 5 juta per bulan turun dari 61,6% menjadi 59,7%," kata Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI Agusman dalam keterangan resmi, Selasa (8/8).

Bahkan, konsumen juga memperkirakan kenaikan jumlah pinjaman pada enam bulan mendatang lebih tinggi dibandingkan kenaikan jumlah tabungan.


Reporter Adinda Ade Mustami
Editor Markus Sumartomjon

DAYA BELI KONSUMEN

Feedback   ↑ x
Close [X]