kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,51   7,16   0.77%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Cakupan vaksinasi bagi lansia capai 11%, Jubir: Akhir Juni minimal 90% dosis satu


Kamis, 22 April 2021 / 11:32 WIB
Cakupan vaksinasi bagi lansia capai 11%, Jubir: Akhir Juni minimal 90% dosis satu
ILUSTRASI. Sejumlah tenaga beraktifitas saat digelar Vaksin untuk para Seniman dan Budayawan di Galeri nasional, Jakarta


Reporter: Ratih Waseso | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pemerintah saat ini tengah memprioritaskan pemberian vaksinasi Covid-19 bagi kelompok masyarakat lanjut usia (lansia). Juru Bicara (Jubir) Vaksinasi dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi menuturkan, hingga saat ini cakupan vaksinasi bagi lansia masih 11%.

Adapun vaksinasi Covid-19 bagi lansia menyasar 21,5 juta penerima di seluruh Indonesia. Dari cakupan yang dicapai saat ini, Nadia merincikan 2,3 juta lansia mendapatkan vaksinasi dosis pertama dan 1,1 juta lansia sudah mendapatkan dosis kedua.

"Sudah ada 11%, ada 2,3 juta lansia yang sudah dapatkan dosis satu, dan yang sudah dapat dosis dua ada 1,1 juta lansia. Ini akhir Juni minimal bisa 90% dosis satu selesai," kata Nadia, Kamis (22/4).

Baca Juga: Kesadaran masyarakat tentang protokol kesehatan perlu ditingkatkan

Terkait pelaksanaan vaksinasi di bulan Ramadan bagi lansia, Nadia menyebut hingga saat ini tidak ada laporan adanya kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI) yang dikategorikan berat. "Sampai sejauh ini tidak ada KIPI [berat] selama vaksinasi di bulan Ramadhan," imbuhnya.

Sebagai informasi lansia menjadi prioritas dalam pelaksanaan vaksinasi berdasarkan tingkat fatality rate yang dimiliki kelompok ini terhadap infeksi virus Covid-19. Selain itu WHO juga memberikan rekomendasi untuk pemberian prioritas vaksin kepada kelompok ini.

Sebagai langkah akselerasi percepatan vaksinasi bagi lansia, pemerintah juga membuka sentra-sentra vaksinasi baik yang berada di Puskesmas maupun juga di beberapa pos-pos layanan vaksinasi milik pemerintah.

Selain lansia, tahap kedua program vaksinasi Covid-19 juga menyasar pekerja pelayanan publik sebesar 17 juta orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×