kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Genjot SDM, Kemkeu gandeng universitas


Sabtu, 23 Juli 2016 / 14:33 WIB
Genjot SDM, Kemkeu gandeng universitas


Sumber: Antara | Editor: Dikky Setiawan

JEMBER. Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mengajak Universitas Jember (Unej) untuk bersinergi mewujudkan pengembangan kualitas sumber daya manusia (SDM) khususnya di bidang keuangan negara.

"Unej sudah melakukan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) dengan Kemenkeu untuk peningkatan SDM di kampus ini kemarin (Jumat, 22/7)," kata Kepala Humas dan Protokol Unej Agung Purwanto di Jember, Sabtu (23/7).

Menurut dia, kerja sama antara Kemenkeu dengan Unej meliputi antara lain bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, pengkajian bidang keuangan negara, serta perbantuan tenaga ahli.

Selain menandatangani nota kesepahaman, Kepala Badan Diklat Kemenkeu juga memberikan kuliah umum berjudul "Peran Kebijakan Fiskal Dalam Perekonomian dan 'Best Practices' Penerapan di Indonesia" dengan peserta kalangan dosen dan mahasiswa Unej.

Kepala Badan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Kemenkeu Sumiyati mengatakan Kemenkeu menggandeng semua pihak, terutama perguruan tinggi umumnya, khususnya Unej untuk mengembangkan kualitas SDM di bidang keuangan negara.

"Salah satu langkah nyata sinergi antara Kemenkeu dengan perguruan tinggi yang akan dilakukan adalah adanya program bagi pejabat dan pakar di kalangan Kemenkeu untuk kembali mengajar di kampus almamaternya, atau perguruan tinggi di daerah asalnya," tuturnya.

Menurut dia, kebijakan menugaskan pejabat dan pakar di lingkungan Kemenkeu untuk mengajar mengenai keuangan negara di perguruan tinggi, karena sampai saat ini materi mengenai keuangan negara yang diajarkan di perguruan tinggi masih minim muatan mengenai pelaksanaan dan praktik keuangan negara di Indonesia.

"Tujuannya agar mahasiswa dapat memperoleh materi teori dan praktik, sehingga dapat memahami secara utuh apa itu keuangan negara. Harapannya kita akan mendapatkan SDM di bidang keuangan negara yang mumpuni," katanya.

Ajakan Kepala Badan Diklat Kemenkeu ditanggapi positif oleh Rektor Universitas Jember Moh Hasan yang menyatakan kesiapannya mendukung Kemenkeu untuk mewujudkan program mengembangkan SDM di bidang keuangan negara.

"Kami menyambut baik kesediaan pejabat dan pakar di Kemenkeu untuk mengajar di kampus. Melalui kerja sama antara Kemenkeu dengan Unej akan mendorong para dosen yang berkecimpung di bidang keuangan negara dan bidang terkait untuk lebih banyak melakukan riset di bidang keuangan negara," ucap Rektor Unej dua periode itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×