kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,20   -16,32   -1.74%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Zulkifli Hasan Janjikan Strategi Jitu untuk Jinakkan Harga Minyak Goreng


Kamis, 16 Juni 2022 / 09:06 WIB
Zulkifli Hasan Janjikan Strategi Jitu untuk Jinakkan Harga Minyak Goreng
ILUSTRASI. Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan menargetkan untuk memastikan ketersediaan minyak goreng dengan harga yang terjangkau oleh masyarakat. ANTARA FOTO/Wahyu Putro A/rwa.


Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Zulkifli Hasan telah ditunjuk oleh Presiden Joko Widodo untuk menduduki jabatan Menteri Perdagangan. 

Terkait hal ini, Zulkifli Hasan menargetkan untuk memastikan ketersediaan minyak goreng dengan harga yang terjangkau oleh masyarakat. Dia pun menjanjikan formula atau strategi jitu untuk mengatasi persoalan harga dan pasokan minyak goreng curah dalam beberapa hari mendatang. 

"Ada beberapa cara dan formula yang bisa mengatasi itu. Kita tunggulah satu dua hari," kata Zulkifli Hasan dilansir dari Antara, Kamis (16/6/2022). 

Zulkifli Hasan mengatakan, sebulan lalu, ia berdiskusi dengan para pelaku usaha minyak sawit dan menyampaikan bahwa prioritas Presiden Joko Widodo adalah harga minyak goreng curah Rp 14.000 per liter dengan pasokan yang dapat memenuhi kebutuhan masyarakat. 

"Sebulan lalu saya diskusi dengan teman-teman pelaku usaha minyak sawit. Ada skala prioritas. Prioritas Presiden itu Rp 14.000 minyak curah, sampai di tempat barangnya ada. Nah itu yang tidak tuntas," tukas Zulkifli Hasan. 

Baca Juga: Reshuffle Kabinet Tak Berdampak Signifikan Pada IHSG, Simak Proyeksinya ke Depan

Ia yakin bisa segera menyelesaikan persoalan distribusi dan pengendalian harga minyak goreng yang setengah tahun terakhir tak kunjung teratasi. 

"Saya kira background pengalaman saya yang panjang tentu akan banyak membantu nanti segera menyelesaikan ketersediaan minyak goreng di manapun dan harga terjangkau. Itu yang penting," kata Zulkifli Hasan. 

Zulkifli Hasan menegaskan dirinya siap untuk bekerja sama dengan jajaran Kementerian Perdagangan untuk melanjutkan upaya penyelesaian masalah ketersediaan dan pengendalian harga minyak goreng. 

"Tentu kita akan bersama-sama nanti, sekali lagi agar masalah minyak goreng yang lama ini bisa kita selesaikan dengan cepat dan segera. Kalau berlama-lama kan kasihan rakyat. Itu saya kira prioritas," katanya. 

Baca Juga: Ini Tugas yang Diberikan Presiden Jokowi untuk Mendag Zulkifli Hasan

"Semua pihak yang terkait tentu, enggak mungkin sendiri kan. Itu kan pekerjaan besar ya. Tapi kalau sudah ketemu permulaannya saya kira mudah ya," ujar Zulkifli Hasan. 

Sebagaimana diketahui, Presiden Jokowi melantik Zulkifli Hasan menjadi Mendag menggantikan Muhammad Lutfi yang menjabat sejak 23 Desember 2020. 

Sebelumnya, Zulkifli Hasan merupakan Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) periode 2019-2024, yang juga pernah menjabat sebagai Ketua MPR RI pada 2014-2019. Zulkifli pernah menjabat sebagai Menteri Kehutanan menggantikan Malem Sambat Kaban pada 22 Oktober 2009 hingga 1 Oktober 2014.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Zulkifli Hasan Klaim Sudah Punya Jurus Jinakkan Harga Minyak Goreng"
Penulis : Muhammad Idris
Editor : Muhammad Idris

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×