kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45725,83   16,46   2.32%
  • EMAS914.000 0,11%
  • RD.SAHAM 0.55%
  • RD.CAMPURAN 0.20%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Wisma Atlet hingga hotel milik BUMN bakal tampung pasien corona


Kamis, 19 Maret 2020 / 15:26 WIB
Wisma Atlet hingga hotel milik BUMN bakal tampung pasien corona
ILUSTRASI. Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Doni Monardo (tengah) didampingi pejabat terkait memberikan keterangan kepada media berita terkini mengenai kasus COVID-19 di Kantor Pusat BNPB, Jakarta, Sabtu (14/3/2020). Pemerintah menyiapkan Wisma Atlet

Reporter: Abdul Basith | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pemerintah menyiapkan Wisma Atlet hingga hotel untuk menampung pasien virus corona (Covid-19). Hal itu untuk menjamin ketersediaan ruang untuk isolasi pasien Covid-19. 

Wisma atlet sendiri direncanakan akan siap pada Senin mendatang untuk menampung hingga 2.000 pasien. "Presiden telah memberikan tugas kepada menteri BUMN dan Kementerian PUPR untuk menyiapkan wisma atlet," ujar Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo usai ratas, Kamis (19/3).

Baca Juga: Kantongi izin Kemenkes, pemesanan 500.000 alat rapid test corona siap masuk Indonesia

Selain wisma atlet, sejumlah hotel pun telah menyanggupi untuk digunakan menampung pasien Covid-19. Tidak hanya hotel milik BUMN, hotel swasta juga akan terlibat dalam penanganan tersebut.

Keterlibatan itu mengingat perkembangan okupansi hotel yang juga terus turun. Menanggapi hal tersebut pemerintah melalui Kementerian Kesehatan (Kemenkes) akan mengecek kesiapan fasilitas tersebut.

"Sejumlah tokoh nasional dan pengusaha telah menyanggupi menyiapkan fasilitas hotel mereka yang manakala fasilitas yang disiapkan oleh pemerintah terbatas, baik di Jakarta maupun di sejumlah daerah lainnya," terang Doni yang juga Ketua Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19.

Baca Juga: Okupansi turun akibat corona, Hotel Sahid (SHID) lakukan efisiensi

Nantinya tambahan fasilitas tersebut akan dioperasikan oleh TNI yang memiliki kemampuan medis. Baik dari Angkatan Laut, Angkatan Udara, maupun Angkatan Darat.

Asal tahu saja sebelumnya terdapat 3 rumah sakit swasta yang terlibat langsung khusus merawat pasien Covid-19. Selain itu ada dua rumah sakit lagi yang sedang menunggu izin Kemenkes.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×