CLOSE [X]
kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.010,74   -8,25   -0.81%
  • EMAS994.000 0,20%
  • RD.SAHAM -0.20%
  • RD.CAMPURAN 0.04%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.12%

Waspada! Tren rawat inap pasien Covid-19 meningkat di luar Jawa-Bali


Kamis, 05 Agustus 2021 / 07:54 WIB
Waspada! Tren rawat inap pasien Covid-19 meningkat di luar Jawa-Bali
ILUSTRASI. Pasien Covid-19 di rumah sakit


Sumber: Kompas.com | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengungkapkan, sejumlah daerah di luar Pulau Jawa-Bali mengalami peningkatan rawat inap di rumah sakit rujukan Covid-19. 

"Tren rawat inap per 100.000 per minggu yang kami lihat terjadi peningkatan, terutama terjadi di luar Jawa-Bali," kata Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Kemenkes Siti Nadia Tarmizi melalui kanal YouTube FMB9, Rabu (4/8). 

Nadia mengatakan, meski penggunaan tempat tidur untuk ruang isolasi dan ICU di tingkat nasional mengalami penurunan, tapi sejumlah provinsi mencatatkan tingkat keterisian tempat tidur di rumah sakit lebih dari 80% baik untuk ruang isolasi dan ICU. 

"Sumatra Barat, Bangka Belitung, Yogyakarta, Bali, Kalimantan Timur dan Gorontalo. Untuk tempat ICU yang lebih dari 80% tercatat di Sumatra Barat, Sumatra Selatan, Bangka Belitung, Jawa Barat, Yogyakarta, Banten dan Kalimantan Timur," jelas dia. 

Baca Juga: Indonesia sumbang satu dari lima kematian Covid-19 secara global

Nadia menambahkan, angka kematian bertambah 28% dibandingkan pekan lalu dan merata di 28 provinsi di Indonesia. Sejumlah provinsi, lanjut Nadia, mencatatkan penambahan angka kematian lebih dari 50%. 

"Terjadi di Aceh, Sumatra Utara, Sumatra Barat, Jambi, Sumatra Selatan, Lampung, Kepulauan Riau, Jawa Barat, Banten, NTT, NTB, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Gorontalo, dan Sulawesi Barat," pungkas Nadia. (Haryanti Puspa Sari)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kemenkes: Tren Rawat Inap Pasien Covid-19 Meningkat di Luar Jawa-Bali".

 

Selanjutnya: Per 1 Agustus, hampir separuh kabupaten/kota di Indonesia zona merah Covid-19

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×