kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45940,81   4,32   0.46%
  • EMAS1.029.000 0,19%
  • RD.SAHAM -0.04%
  • RD.CAMPURAN -0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Waspada peringatan BMKG: Hari ini dan besok berpotensi hujan lebat


Kamis, 31 Oktober 2019 / 11:13 WIB
Waspada peringatan BMKG: Hari ini dan besok berpotensi hujan lebat
ILUSTRASI. Petugas BMKG di Laboratorium BMKG Kemayoran, Jakarta. ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/ama/17


Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Potensi hujan lebat di beberapa wilayah Indonesia kembali berlanjut hingga tiga hari ke depan (30 Oktober-1 November 2019). Kali ini disertai dengan angin kencang.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika ( BMKG) menjelaskan bahwa fenomena cuaca ini disebabkan oleh adanya massa udara basah di lapisan rendah yang terkonsentrasi di sebagian besar Sumatra, Kalimantan bagian utara, Sulawesi bagian tengah, Maluku, Papua dan Papua Barat.

Sirkulasi siklonik di Selat Malaka mencapai 925/800mb dan di Papua 925/850mb, dengan konvergensi memanjang dari Sumatra Utara hingga Malaysia, dari Kalimantan Selatan hingga Kalimantan Timur dan di Papua Barat.

Baca Juga: BMKG: Hari ini hujan lebat dan angin kencang bisa terjadi di 10 provinsi

Alhasil, pada hari ini (30/10/2019) ada potensi hujan lebat di wilayah Sumatera Utara, Sumatera Barat, Jambi, Kalimantan Utara, Kalimantan Tengah, Kepulauan Riau, Riau, Sulawesi Tengah, dan Sulawesi Barat.

Fenomena yang sama akan terjadi besok (31/10/2019) di Sumatera Barat, Jambi, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, dan Sulawesi Tengah. Sementara lusa (1/11/2019), hujan lebat berpotensi terjadi di Sumatera Utara, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara dan Sulawesi Tengah.

Untuk hujan lebat disertai angin kencang, berpotensi terjadi pada hari ini (30/10/2019) di Aceh, Riau, Bengkulu, Sumatera Selatan, Jawa Barat, NTB, Kalimantan Timur, Maluku Utara, Maluku dan Papua.

Baca Juga: BMKG memprediksi musim hujan di Jawa Tengah mundur 30 hari

Besok (31/10/2019), hujan lebat dengan angin kencang berpotensi terjadi di Aceh, Riau , Jawa Barat, NTB, Kalimantan Timur, Maluku Utara, Maluku dan Papua Lusa (1/11/2019), hujan lebat dan angin kencang berpotensi terjadi di Aceh, Riau, Sumatera Selatan, Jawa Barat, Jabodetabek, Jawa Tengah, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Maluku dan Papua.

BMKG pun menghimbau masyarakat yang berada di wilayah dengan hujan lebat disertai angin kencang untuk berhati-hati ketika beraktivitas di luar ruang. Persiapkan juga peralatan antisipasi hujan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "BMKG: Waspada Hujan Lebat dan Angin di Indonesia, termasuk Jawa"

Penulis : Shierine Wangsa Wibawa
Editor : Shierine Wangsa Wibawa

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung Complete Three Statement Modeling

[X]
×