kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,34   -28,38   -2.95%
  • EMAS1.321.000 0,46%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Wapres sebut dana desa akan diprioritaskan untuk tingkatkan kualitas SDM


Rabu, 14 November 2018 / 16:56 WIB
Wapres sebut dana desa akan diprioritaskan untuk tingkatkan kualitas SDM
ILUSTRASI. Wapres Jusuf Kalla


Reporter: kompas.com | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan dana desa di tahun 2018-2019 akan diprioritaskan untuk meningkatkan kualitas SDM. Sebab, pada empat tahun sebelumnya, pemerintah telah memprioritaskan dana desa untuk pembangunan infrastruktur. 

Hal itu disampaikan Kalla saat memberi sambutan pada Rapat Koordinasi Nasional dan Evaluasi Program Pemberdayaan dan Pembangunan Masyarakat Desa Tahun Anggaran 2018 di Hotel Sultan, Jakarta, Rabu (14/11). 

"Kalau 4 tahun lalu kita utamakan infrastruktur desa, jalan, jembatan, desa, dan sebagainya. Kemudian tahun berikutnya, sampai sekarang pembangunan masyarakatnya," ujar Kalla. 

"Apakah untuk pendidikan, usaha ekonomi desa dan program lainnya yang menyangkut peningkatan kualitas masyarakat kita," lanjut dia. Karena itu, nantinya penggunaan dana desa akan banyak dialokasikan untuk pembangunan sarana dan prasarana pendidikan, kesehatan, dan pelatihan kerja serta usaha. 

Ia mengatakan, sebelum pemerintah memprioritaskan penggunaan dana desa untuk peningkatan kualitas SDM, sudah banyak Badan Usaha Milik Desa yang berkembang. Menurut dia hal itu menunjukan adanya peningkatan kualitas SDM desa yang berpengaruh pada peningkatan perekonomian desa. 

Kalla menambahkan, sedianya program peningkatan kualitas SDM desa suda dilakukan sejak dulu namun intensitasnya berkurang. "Namun setelah reformasi ini menurun. Sekarang kita tingkatkan lagi sehingga terjadi pembangunan yang memberikan pemerataan yang lebih baik kepada masyarakat kita. Itu lah tentu harapan. Namun tentu banyak hal-hal juga harus diperbaiki," tutur Kalla. (Rakhmat Nur Hakim)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Wapres Kalla Sebut Dana Desa Akan Diprioritaskan untuk Tingkatkan Kualitas SDM"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×