kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45885,11   -10,08   -1.13%
  • EMAS940.000 -0,32%
  • RD.SAHAM -0.50%
  • RD.CAMPURAN -0.07%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Wamenkes berharap laju vaksinasi tahap tiga mendatang bisa lebih cepat


Kamis, 10 Juni 2021 / 22:02 WIB
Wamenkes berharap laju vaksinasi tahap tiga mendatang bisa lebih cepat
ILUSTRASI. Petugas medis menyiapkan dosis vaksin Covid-19. (KONTAN/Fransiskus Simbolon)


Reporter: Ratih Waseso | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes) Dante Saksono Harbuwono mengatakan, sejauh ini pelaksanaan vaksinasi Covid-19 sudah menggunakan sekitar 30 juta dosis vaksin.

Pelaksanaan vaksinasi sendiri dibagi berdasarkan skala prioritas, dimana tahap pertama vaksin dikhususkan bagi tenaga kesehatan. Kemudian tahap kedua vaksin diprioritaskan kepada petugas pelayanan publik dan juga lansia.

Diharapkan pada pelaksanaan vaksinasi tahap ketiga mendatang laju suntikan dapat lebih cepat dari tahap satu dan dua. Sehingga semakin besar cakupan vaksinasi yang dicapai. Tahap ketiga vaksinasi nantinya menyasar masyarakat umum usia 18 tahun ke atas sebagai penerima vaksin.

"Kita harapkan ketika sudah masuk [tahap] ke tiga ke seluruh masyarakat, mudah-mudahan lebih cepat lagi dalam mencapai target satu juta vaksinasi per hari," jelas Dante dalam Dialog Produktif Kabar Kamis secara virtual di kanal Youtube FMB9ID_IKP, Kamis (10/6).

Saat ini, Dante menekankan untuk masyarakat yang tergolong lansia dapat segera mendaftarkan diri untuk mendapatkan vaksinasi. Diketahui lansia menjadi kelompok prioritas dimana tingkat kesakitan lansia akibat Covid-19 lebih tinggi.

"Saya tekankan untuk keluarga yang berusia lanjut yang belum divaksin mudah-mudahan segera divaksin. Karena kalau mereka terkena, mudah-mudahan tidak terkena ya. Tapi kalau sudah divaksin jika terkena gejalanya akan ringan ketimbang belum divaksin," imbuhnya.

Suksesnya gerakan vaksinasi disebutnya bergantung pada kesadaran masyarakat untuk mau divaksin. Jika tingkat kesadaran masyarakat untuk divaksin tinggi, Dante mengungkap menjadi modal awal untuk menekan laju penularan Covid-19 yang sampai kini masih terjadi. Selain itu, tak lelah diingatkan juga agar penerapan protokol kesehatan wajib dilaksanakan meski masyarakat sudah divaksinasi.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Panduan Cepat Maximizing Leadership Sukses Presentasi: Presentasi Online Yang Tidak Membosankan Batch 2

[X]
×