kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Wamedag harap BBJ tingkatkan sosialisasi pasar berjangka komoditi


Selasa, 05 Januari 2021 / 13:24 WIB
Wamedag harap BBJ tingkatkan sosialisasi pasar berjangka komoditi
ILUSTRASI. Wamedag harap BBJ tingkatkan sosialisasi pasar berjangka komoditi


Reporter: Noverius Laoli | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pasar berjangka komoditas penting untuk menunjang kinerja perdagangan komoditas di Indonesia. Keterlibatan masyarakat sebagai investor akan memberikan dampak yang saling menguntungkan antara dunia usaha dalam negeri dengan masyarakat itu sendiri.

Oleh karena itu, sosialisasi terhadap Bursa Berjangka Komoditas harus terus ditingkatkan.

Demikian yang disampaikan Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag), Jerry Sambuaga dalam pembukaan perdagangan Perdana Bursa Berjangka Jakarta (BBJ) awal pekan ini.

Hadir juga dalam acara tersebut, Kepala Bappebti Siddharta Utama, Direktur Utama BBJ Stephanus Paulus Lumintang beserta dua direktur BJJ lainnya, Hamdi Hassyarbaini dan Andreas tanadjaja. Tampak hadir pula jajaran komisaris BBJ dan pejabat lainnya.

“Sosialisasi harus ditingkatkan, khususnya di kalangan muda agar mereka tahu manfaat dari Bursa Berjangka Komoditas.” kata Wamendag dalam keterangannya, Selasa (5/1).

Baca Juga: Ini alasan BBJ revisi target transaksi tahun 2021 menjadi 11,1 juta lot

Jerry menekankan, sebagaimana pasar saham, Bursa Komoditas juga menjanjikan keuntungan dan bisa dimanfaatkan peluangnya oleh masyarakat. Keterlibatan masyarakat yang semakin besar tentu akan menjadi daya ungkit bagi perdagangan komoditas yang akhirnya menggairahkan ekonomi dan memberikan keuntungan bagi seluruh masyarakat.

“Jadi keuntungannya riil, baik langsung maupun tak langsung. Dan ini akan meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.” Tambah Jerry.

Menurut Jerry sosialisasi kesadaran terhadap pasar berjangka komoditas bisa dimulai di kampus-kampus. Ini karena mahasiswa dan dosen biasanya punya pandangan yang luas dan terbuka terhadap hal-hal baru.

Dengan demikian mereka akan mendapat masukan bahwa pasar berjangka komoditas bisa menjadi peluang bagi mereka disamping meningkatkan kesadaran untuk menggairahkan ekonomi nasional. Dengan jumlah mahasiswa da pelajar yang banyak, mereka bisa membawa trend keikutsertaan dalam pasar berjangka komoditas.

Baca Juga: Transaksi masih minim, Bappebti bakal dorong transaksi multilateral di 2021

Pada tahun 2020 pasar Berjangka Komoditas Indonesia, menurut catatan Bappebti, meraih transaksi penjualan sebesar 9,5 juta lot. Pada tahun 2021 ini, ditargetkan jumlahnya meningkat menjadi 11 juta lot.

Peningkatan ini dipandang akan meningkatkan pula gairah pelaku usaha di sektor perdagangan komoditas. Dengan besar dan beragamnya potensi pasar komoditas Indonesia, diharapkan ekstensifikasi komoditas yang terlibat juga diharakan semakin banyak.




TERBARU

[X]
×