kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45922,74   -8,61   -0.92%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Viral bintang Turaya pertanda wabah corona bakal berakhir, ini kata ahli


Jumat, 01 Mei 2020 / 19:35 WIB
Viral bintang Turaya pertanda wabah corona bakal berakhir, ini kata ahli
ILUSTRASI. Bulan purnama terang memerah dan besar saat fajar jelang terjadi gerhana bulan dan fenomena Supermoon terlihat di atas langit Kota Lhokseumawe, Aceh, Senin (21/1/2019). Menurut Astronom Indonesia, fenomena supermoon atau Super Blood Wolf Moon (posisi peri


Sumber: Kompas.com | Editor: S.S. Kurniawan

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Viral video yang menunjukkan cahaya kecil di pagi hari di berbagai media sosial. Cahaya kecil itu disebut-sebut sebagai bintang Turaya, serta diklaim sebagai pertanda wabah virus corona baru akan berakhir. 

Video yang awalnya diunggah ke Twitter itu lalu disebar di berbagai media sosial, termasuk akun Instagram @nenk_update yang diikuti dengan narasi sebagai berikut: 

"Subhanallah... Bintang TURAYA di pagi hari... benar yang di katakan Rosululah... akan habis Wabah Covid-19. apa bila ada Bintang di pagi hari. Itulah Bintang Turaya... Alhamdulillah. habis sudah sak wasanga manusia dengan adanya BUKTI. Bintang itu disaksikan byk orang".

Namun, benarkah cahaya kecil yang tertangkap lensa kamera masyarakat itu adalah bintang Turaya atau Tsuraya? 

Baca Juga: Empat fenomena langit Mei 2020: Mulai hujan meteor hingga matahari di atas Ka'bah

Marufin Sudibyo, astronom amatir, bilang, cahaya kecil yang beredar di foto dan video itu bukanlah bintang Turaya. "Bukan (bintang Turaya). Kemungkinan besar itu Mars, kalau benar difoto pada saat pagi hari sebelum matahari terbit," katanya kepada Kompas.com, Kamis (29/4). 

Dia menjelaskan, bintang Turaya yang netizen maksud mungkin adalah bintang Tsuraya atau ats-Tsuaya yang merupakan nomenklatur Arab untuk Pleiades. "Secara astronomis ia (bintang Tsuraya) dikenal sebagai Pleiades atau Messier 45 (M45)," jelasnya. 

Saat ini, Marufin mengatakan, Pleiades masih berada di langit Barat, tepatnya di bawah Venus. Karena itu, secara teknis Pleiades akan bisa orang lihat setelah matahari terbenam.

Meski, kedudukannya yang sangat rendah akan membuat orang sulit mengamati secara langsung bintang Tsuraya. "Pleiades akan berada di langit Timur mulai pertengahan Juni mendatang, tatkala terbit lebih dulu ketimbang matahari," ujar Marufin. 

5 fakta bintang Tsuraya 




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×