kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Varian omicron dipastikan belum terdeteksi di Indonesia, ini penjelasan Satgas


Jumat, 10 Desember 2021 / 05:00 WIB
Varian omicron dipastikan belum terdeteksi di Indonesia, ini penjelasan Satgas


Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Hingga saat ini, varian baru virus Corona B.1.1.529 atau Omicron belum terdeteksi di Indonesia. Hal itu ditegaskan oleh Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito.

Wiku memastikan, pemerintah tetap memantau perkembangan varian tersebut melalui pemeriksaan sampel dari pelaku perjalanan internasional. 

"Saat ini pemerintah terus memonitor varian Covid-19 melalui sequencing spesimen pelaku perjalanan di tiap pintu masuk yang tersebar di Indonesia dan sampai sekarang belum ditemukan kasus dengan varian Omicron," kata Wiku dalam konferensi pers melakui kanal YouTube LawanCovid-19, Kamis (9/12/2021). 

Wiku mengatakan, pemerintah mengoptimalkan kapasitas pemeriksaan atau testing Covid-19, khususnya alat tes yang memiliki sensitivitas tinggi.  

Menurutnya, saat ini laboratorium di seluruh Indonesia telah mampu mendeteksi karakteristik genetik sekitar 500-600 sampel per hari. 

Baca Juga: Kedatangan tahap ke-151, 336.960 dosis vaksin Pfizer langsung dikirim ke Dinkes Jatim

"Ini untuk mendukung upaya peningkatan sequencing khususnya spesimen pelaku perjalanan dari negara-negara yang terdeteksi mengalami transmisi komunitas akibat varian Omicron," ujarnya. 

Wiku menambahkan, sebagai antisipasi munculnya varian Omicron, pemerintah mendukung kebijakan durasi karantina dan menjamin fasilitasnya. 

"Baik di Wisma Atlet atau Pasar Rumput dengan kapasitas kamar 3.700 kamar dan 72 hotel tersebar secara nasional," pungkasnya. 

Baca Juga: WHO: Data awal menunjukkan efek varian Omicron lebih ringan dari Delta

Sebelumnya, beredar pemberitaan soal empat warga ber-KTP Jakarta yang dinyatakan terpapar virus corona varian Omicron berdasarkan hasil tes Covid-19. Keempat orang tersebut disebut menjalani tes Covid-19 di Laboratorium Farmalab Cikarang, Kabupaten Bekasi. Namun, pernyataan tersebut diralat. 

Pihak Dinkes Kabupaten Bekasi menarik pernyataan yang dirilis tersebut. Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan Maxi Rein Rondonuwu membantah varian B.1.1.529 atau Omicron sudah terdeteksi di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Satgas Pastikan Varian Omicron Belum Terdeteksi di Indonesia"
Penulis : Haryanti Puspa Sari
Editor : Kristian Erdianto

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×