kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

UPDATE virus corona di Indonesia: Ada 4 orang lagi diduga positif terinfeksi corona*


Jumat, 06 Maret 2020 / 13:29 WIB
UPDATE virus corona di Indonesia: Ada 4 orang lagi diduga positif terinfeksi corona*
ILUSTRASI. Sekretaris Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes Achmad Yurianto yang juga juru bicara pemerintah untuk penanganan virus Corona.


Reporter: Abdul Basith, Lidya Yuniartha | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pemerintah tengah melakukan pelacakan atas orang-orang yang yang melakukan kontak dekat dengan pasien positif virus corona (Covid-19).

Jubir Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto mengatakan, pihaknya telah berhasil melacak 25 orang yang ada di acara yang sama, namun tak semuanya dilakukan pemeriksaan virus, lantaran tidak semuanya melakukan kontak secara dekat.

Baca Juga: Merasa terpapar virus corona, kapan harus ke dokter?

Namun, Achmad mengatakan pihaknya tengah mengobservasi empat orang yang diduga kuat positif terinfeksi virus corona. Namun, Achmad mengatakan hal tersebut baru bisa ditentukan lewat pemeriksaan laboratorium.

"Hasil pemeriksaan laboratorium diharapkan nanti sore sudah datang, karena sudah kami ambil spesimennya," ujar Achmad, Jumat (6/3).

*Hasil update dalam konferensi pers terbaru, Jumat sore (6/3), tambahan yang positif terinfeksi corona sebanyak dua orang (kasus 3 dan kasus 4).

Achmad menjelaskan, keempat orang tersebut diduga positif terinfeksi virus corona karena melakukan kontak dekat kasus 1 dan kasus 2. Apalagi, terdapat influenza sedang yang diderita keempatnya, dimana influenza tersebut didapatkan setelah melakukan kontak dengan kasus 1 dan kasus 2. "Ini kenapa kita sebut sebagai suspect," tambah Achmad.

Achmad mengungkap, kondisi keempat orang tersebut stabil selama diisolasi. Dia menyebutkan, saat ini ada yang mengalami batuk dan pilek, dan ada yang suhu tubuhnya sekitar 37,6 derajat.

Sementara, kondisi kedua pasien yang positif covid-19 ini pun dinyatakan baik. Berdasarkan laporan yang diterima Achmad, keduanya tidak mengalami keluhan lain selain batuk. Nanti sore, hasil pemeriksaan laboratorium di hari kelima untuk kasus 1 dan kasus 2 ini pun akan segera didapatkan.

Baca Juga: Awas! Penderita jantung rentan terinfeksi corona




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×