kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Update Terbaru Daftar Resmi BPOM 133 Obat Sirup yang Aman Dikonsumsi Masyarakat


Selasa, 25 Oktober 2022 / 00:11 WIB
Update Terbaru Daftar Resmi BPOM 133 Obat Sirup yang Aman Dikonsumsi Masyarakat
ILUSTRASI. Kepala Badan POM Penny K Lukito menunjukkan daftar obat yang tidak menggunakan Propilen Glikol, Polietilen Glikol, Sorbitol, dan Gliserin atau Gliserol. ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha/hp.


Reporter: Syamsul Ashar | Editor: Syamsul Azhar

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) telah mengeluarkan update terbaru daftar resmi sebanyak 133 obat-obatan jenis sirup yang aman untuk dikonsumsi oleh masyarakat

Daftar obat aman dikonsumsi ini karena terbukti bebas dari paparan dua zat berbahaya yakni Etilen Glikol (EG) dan Dietilen Glikol (DEG).

Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Penny K. Lukito mengumumkan sebanyak 133 jenis obat sirup yang aman digunakan oleh masyarakat.

Berdasarkan hasil penelitian BPOM sebanyak 133 obat sirup tersebut sudah terbukti bebas dari paparan dua zat berbahaya yakni Etilen Glikol (EG) dan Dietilen Glikol (DEG).

Baca Juga: BPOM: 23 dari Daftar 102 Obat Yang Dipakai Pasien Gagal Ginjal, Masih Aman Dikonsumsi

Kesimpuilan BPOM ini lantaran berdasarkan hasil penelitian BPOM sebanyak 133 produk ini tidak menggunakan bahan baku pembuatan obat yang berpotensi menimbulkan senyawa Etilen Glikol (EG) dan Dietilen Glikol (DEG) selama proses produksi.

Ada empat bahan baku obat yang disinyalir bisa menyebabkan paparan Etilen Glikol (EG) dan Dietilen Glikol (DEG) adalah bahan baku beasal dari pertama zat kimia pertama propilen glikol; kedua polietilen glikol: ketiga sorbitol, dan Keempat gliserin atau gliserol. 

Adapun daftar 133 sirup obat yang tidak menggunakan empat bahan baku yakni propilen glikol, polietilen glikol, sorbitol, dan/atau gliserin/gliserol resmi diumumkan oleh BPOM.

Baca Juga: BPOM Resmi Mencoret Termorex Sirup dari Daftar Obat Tercemar EG dan DEG, Ada Apa?

"Sebanyak 133 obat ini aman sepanjang digunakan sesuai aturan pakai," terang Penny K Lukito, Minggu (23/10).

Berikut ini daftar lengkap obat sirup yang tekah dinyatakan aman oleh BPOM untuk dikonsumsi.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×