kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45963,73   -4,04   -0.42%
  • EMAS1.315.000 0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Uji Coba Tahap 2 Vaksin Merah Putih Butuh 405 Relawan


Jumat, 11 Maret 2022 / 10:24 WIB
Uji Coba Tahap 2 Vaksin Merah Putih Butuh 405 Relawan
ILUSTRASI. Vaksin Merah Putih?menerima sertifikat halal dari BPJPH Kemenag.


Reporter: Lailatul Anisah | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Tim Uji Klinis Vaksin Merah Putih Universitas Airlangga (UNAIR) Dr Gatot Soegiarto dr SpPD-KAI FINASIM menyebut Vaksin Merah Putih membutuhkan 405 relawan uji fase dua. Tim berencana menggelar uji fase itu pada Jum’at 25 Maret 2022.

“Nah, untuk fase dua, kita membutuhkan 405 relawan. Cuma, karena ada syarat yang harus dipenuhi (dalam screening, Red), dibutuhkan 500 lebih relawan,” ujarnya dalam Sekolah Pascasarjana Airlangga Forum bertajuk ‘‘Vaksin Merah Putih dan Ketangguhan Bangsa Menghadapi Pandemi’ Jumat, (4/3) secara daring .

Menurut Gatot, pengujian Vaksin Merah Putih mengikuti sejumlah tahapan. Pertama, pengujian pada 90 relawan selama dua minggu. Tidak ada efek samping yang ditimbulkan.

Dari situ, BPOM akhirnya memberikan persetujuan untuk melakukan uji klinis fase dua pada Jum’at 28 Maret 2022.

Baca Juga: Anak Usaha BUMN Kimia Farma Buka Lowongan Kerja 2022, Ini Syaratnya

Gatot menjelaskan, ada sejumlah syarat bagi relawan Vaksin Merah Putih. Pertama, laki laki atau perempuan berusia lebih dari 18 tahun. Bagi yang perempuan tidak sedang hamil. Kedua, calon relawan tidak menderita HIV dan Covid-19.

Peserta yang punya riwayat komorbid diperbolehkan dengan syarat penyakit yang diderita dalam keadaan terkendali. Peserta yang lulus uji screening (persyaratan) seperti tes fisik, riwayat sakit, pemeriksaan lab, swab antigen atau PCR, diperbolehkan untuk menjadi relawan.

“Untuk relawan yang ternyata menderita Covid-19, disembuhkan dulu. Nanti, setelah tiga bulan (negatif covid) boleh menjadi relawan. Untuk penyintas (covid) boleh ikut dengan jangka waktu tiga bulan dan screen (terbukti negatif),” ujarnya.

Baca Juga: Jokowi Izinkan Badan Usaha Ikut Selenggarakan Vaksinasi Covid-19

Gatot menambahkan, relawan uji klinis fase dua adalah orang yang belum pernah mendapatkan vaksin Covid-19. Karena itu, ia mengimbau masyarakat di Jawa Timur yang memenuhi syarat itu mau mendaftar sebagai relawan.

“Dan, karena kami mengharapkan sekitar sepuluh kali kedatangan untuk diobservasi selama uji (klinis) ini, maka peserta akan mendapatkan uang transportasi,” ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet Using Psychology-Based Sales Tactic to Increase Omzet

[X]
×