kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

TNI AL tangkap 2 kapal Vietnam karena diduga mencuri ikan


Minggu, 14 April 2019 / 15:34 WIB

TNI AL tangkap 2 kapal Vietnam karena diduga mencuri ikan

KONTAN.CO.ID - BATAM. Jajaran TNI AL melalui Koarmada I kembali menangkap dua kapal ikan asing (KIA) asal Vietnam yang diduga melakukan pencurian ikan di laut Natuna, Sabtu (13/4). Kedua kapal tersebut yakni kapal KIA BV 9888 TS berbendera Vietnam dengan Tonage 80 GT.

Kapal ini dinakhodai Le Van Taw dengan jumlah ABK tiga orang berkewarganegaraan Vietnam. Kemudian, kapal KIA BV 8118 TS berbendera Vietnam dengan Tonage 80 Ton yang dinakhodai Chiem Van Nghiep dengan jumlah ABK 17 orang WNA Vietnam dan bermuatan 1 Ton Ikan Campuran.


Kadispen Koarmada I Letkol Agung Nugroho mengatakan, penangkapan ini berawal saat KRI Usman Harun-359 melaksanakan patroli rutin di wilayah barat perairan Indonesia.

Dari patroli tersebut, KRI Usman Harun-359 mendapatkan kontak kapal pada posisi 05° 02’ 772’’ U - 110° 30’ 737’’ T, tepatnya di Laut Natuna. Lalu, KRI Usman Harun-359 melakukan pengejaran, penangkapan, dan penyelidikan (jarkaplid) dilanjutkan dengan proses pemeriksaan dan penggeledahan terhadap Dokumen, ABK dan Muatan kedua KIA tersebut.

"Saat ditangkap, kedua KIA Vietnam tersebut sedang melaksanakan kegiatan illegal fishing di wilayah perairan Indonesia (ZEEI) dengan menggunakan alat tangkap ikan pair trawl," kata Agung melalui ponselnya, Minggu (14/4).

Agung mengatakan penangkapan kapal ikan Vietnam ini merupakan kali kedua setelah dua pekan lalu KRI Usman Harun telah menangkap dua kapal ikan Vietnam di Laut ZEE Indonesia tepatnya Laut Natuna Utara.

Lebih jauh, Agung mengatakan, penangkapan Kapal Ikan Asing tersebut merupakan bentuk komitmen TNI AL dalam hal ini Koarmada I dalam penegakkan kedaulatan dan hukum di laut.

Hal ini sesuai dengan penekanan yang disampaikan oleh Pangkoarmada I Laksamana Muda TNI Yudo Margono, bahwa unsur KRI Koarmada I agar meningkatkan patroli di perbatasan serta tidak ragu dalam menindak tegas segala bentuk pelanggaran dan aktifitas ilegal serta pencurian sumber daya alam yang ada di perairan Indonesia bagian barat. Saat ini kapal tersebut dalam perjalanan menuju ke dermaga Lanal Natuna. (Hadi Maulana)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Diduga Curi Ikan di Laut Natuna, 2 Kapal Vietnam Ditangkap TNI AL", 
BATAM, KOMPAS.com - Jajaran TNI AL melalui Koarmada I kembali menangkap 2 kapal ikan asing (KIA) asal Vietnam yang diduga melakukan pencurian ikan di laut Natuna, Sabtu (13/4/2019). Kedua kapal tersebut yakni kapal KIA BV 9888 TS berbendera Vietnam dengan Tonage 80 GT. Kapal ini dinakhodai Le Van Taw dengan jumlah ABK tiga orang berkewarganegaraan Vietnam. Kemudian, kapal KIA BV 8118 TS berbendera Vietnam dengan Tonage 80 Ton yang dinakhodai Chiem Van Nghiep dengan jumlah ABK 17 orang WNA Vietnam dan bermuatan 1 Ton Ikan Campuran. Kadispen Koarmada I Letkol Agung Nugroho mengatakan, penangkapan ini berawal saat KRI Usman Harun-359 melaksanakan patroli rutin di wilayah barat perairan Indonesia. Baca juga: Di Tasik, Menteri Susi Bagi-bagi Ikan Sambil Pamer Prestasi Tenggelamkan Kapal Asing Dari patroli tersebut, KRI Usman Harun-359 mendapatkan kontak kapal pada posisi 05° 02’ 772’’ U - 110° 30’ 737’’ T, tepatnya di Laut Natuna. Lalu, KRI Usman Harun-359 melakukan pengejaran, penangkapan, dan penyelidikan (jarkaplid) dilanjutkan dengan proses pemeriksaan dan penggeledahan terhadap Dokumen, ABK dan Muatan kedua KIA tersebut. "Saat ditangkap, kedua KIA Vietnam tersebut sedang melaksanakan kegiatan illegal fishing di wilayah perairan Indonesia (ZEEI) dengan menggunakan alat tangkap ikan pair trawl," kata Agung melalui ponselnya, Minggu (14/4/2019). Agung mengatakan penangkapan kapal ikan Vietnam ini merupakan kali kedua setelah dua pekan lalu KRI Usman Harun telah menangkap dua kapal ikan Vietnam di Laut ZEE Indonesia tepatnya Laut Natuna Utara. Baca juga: KKP Kembali Tangkap 6 Kapal Asing Pencuri Ikan Lebih jauh, Agung mengatakan, penangkapan Kapal Ikan Asing tersebut merupakan bentuk komitmen TNI AL dalam hal ini Koarmada I dalam penegakkan kedaulatan dan hukum di laut. Hal ini sesuai dengan penekanan yang disampaikan oleh Pangkoarmada I Laksamana Muda TNI Yudo Margono, bahwa unsur KRI Koarmada I agar meningkatkan patroli di perbatasan serta tidak ragu dalam menindak tegas segala bentuk pelanggaran dan aktifitas ilegal serta pencurian sumber daya alam yang ada di perairan Indonesia bagian barat. Saat ini kapal tersebut dalam perjalanan menuju ke dermaga Lanal Natuna.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Diduga Curi Ikan di Laut Natuna, 2 Kapal Vietnam Ditangkap TNI AL", https://regional.kompas.com/read/2019/04/14/15065781/diduga-curi-ikan-di-laut-natuna-2-kapal-vietnam-ditangkap-tni-al.
Penulis : Kontributor Batam, Hadi Maulana
Editor : Krisiandi


Sumber : Kompas.com
Editor: Noverius Laoli

Hubungi Kami
Redaksi : Gedung KONTAN,
Jalan Kebayoran Lama No. 1119 Jakarta 12210.
021 5357636/5328134
moderator[at]kontan.co.id
Epaper[at]kontan.co.id
Iklan : Gedung KOMPAS GRAMEDIA Unit 2
Lt 2 Jl. Palmerah selatan 22-28
Jakarta Selatan 10740.
021 53679909/5483008 ext 7304,7306
2019 © Kontan.co.id All rights reserved
Sitemap | Profile | Term of Use | Pedoman Pemberitaan Media Siber | Privacy Policy

diagnostic_api_kiri = 0.0005 || diagnostic_api_kanan = 0.0023 || diagnostic_web = 0.2039

Close [X]
×