kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,34   -28,38   -2.95%
  • EMAS1.321.000 0,46%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

TKN: Presiden Jokowi berperan dalam penyelesaian konflik di Afghanistan


Senin, 25 Maret 2019 / 13:22 WIB
TKN: Presiden Jokowi berperan dalam penyelesaian konflik di Afghanistan


Sumber: Kompas.com | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Juru Bicara Tim Kampanye Nasional pasangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin ( TKN) Ace Hasan Syadzily membantah anggapan bahwa isu hubungan internasional, yang menjadi salah satu tema debat keempat pilpres, akan menjadi kelemahan bagi Jokowi. Debat keempat akan digelar pada Sabtu (30/3/2019).

Ace mengatakan, selama memerintah, Presiden Jokowi mencatat berbagai prestasi. Salah satunya, kata dia, ikut berperan dalam menyelesaikan konflik di negara-negara Islam, seperti Afghanistan.

"Kepemimpinan Pak Jokowi diakui oleh dunia bahwa dengan Islam indonesia yang moderat, itu menunjukkan bahwa Indonesia memiliki peran yang sangat luar biasa bagi kehidupan internasional," ujar Ace saat ditemui di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (25/3).

Pada Januari 2018, Presiden Jokowi melakukan pertemuan bilateral Presiden Afghanistan Ashraf Ghani di Istana Presiden Agr, Kabul, Afghanistan. Pertemuan tersebut menghasilkan sejumlah kesepakatan bahwa upaya pembangunan perdamaian di Afghanistan harus ditopang dengan pembangunan ekonomi negara itu.

Kedua hal itu harus berjalan secara beriringan. Selain itu, dukungan Indonesia pada upaya perdamaian di Afghanistan ditunjukkan melalui kerja sama peningkatan kapasitas sumber daya manusia.

Ace menilai, upaya Presiden Jokowi tersebut menunjukkan kepemimpinan indonesia sebagai negara dengan jumlah muslim terbesar yang berwatak moderat dan menjunjung pluralisme.

"Hal itu ditunjukkan misalnya dengan peran aktif Indonesia dalam menyelesaikan berbagai konflik yang ada di negara-negara muslim. Salah satunya, misalnya, di Afghanistan," kata dia.

Sebelumnya, Direktur Materi Debat Badan Pemenangan Nasional (BPN) Sudirman Said memprediksi calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto bakal unggul di isu hubungan internasional saat debat keempat pilpres.

Pasalnya, Sudirman menilai Presiden Joko Widodo memiliki kelemahan karena sering tak hadir dalam forum-forum internasional. "Presiden kita itu sangat sering absen di forum-forum internasional, sementara Pak Prabowo, gaya, perilaku, dan juga minatnya luar biasa di bidang itu," kata Sudirman.  (Kristian Erdianto)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "TKN: Presiden Jokowi Berperan dalam Penyelesaian Konflik di Afghanistan", 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×