kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tim Satgas Pemilu Bentukan PPATK Dinilai akan Bantu Pemilu Berkeadilan


Minggu, 17 April 2022 / 15:45 WIB
Tim Satgas Pemilu Bentukan PPATK Dinilai akan Bantu Pemilu Berkeadilan
ILUSTRASI. Kepala Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) Ivan Yustiavandana (kiri) mengikuti rapat kerja dengan Komisi III DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (31/1/2022).


Reporter: Ratih Waseso | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sekretaris Jenderal Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (Fitra) Misbah Hasan menilai adanya Tim Satgas Pemilu menjelang pemilu 2024 yang dibentuk Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) akan membantu menjaga pemilu berkeadilan.

Misbah menambahkan, pembentukan Tim Satgas akan menjaga fairness pelaksanaan pemilu, baik keuangan individu politisi yang mencalonkan diri maupun pengelolaan keuangan partai politik.

"Menurut saya, pembentukan Tim Satgas oleh PPATK ini langkah yang bagus, karena uang yang beredar menjelang pemilu pasti sangat besar dari sumber yang sangat beragam," jelasnya kepada Kontan.co.id, Minggu (17/4).

Namun, Misbah menegaskan pembentukan Tim Satgas saja tak cukup dalam mengawasi dana menjelang pemilu 2024. Tim Satgas Pemilu PPATK juga harus koordinasi dengan KPU, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Kepolisian, KPK maupun masyarakat. Hasil pemeriksaan Tim Satgas Pemilu PPATK nantinya juga harus dipublikasikan secara terbuka kepada publik.

Baca Juga: PPATK Bentuk Satgas Pemilu, PKS Dukung Namun Minta Ada Sosialisasi

"Tim Satgas bentukan PPATK kan tugasnya hanya memberikan informasi adanya transaksi mencurigakan dari peserta pemilu, baik individu maupun partai politik. Ini perlu ditindaklanjuti oleh pihak kepolisian atau KPK," ujarnya.

Selain koordinasi, menjaga kredibilitas dari Tim Satgas juga jadi poin yang perlu diutamakan. Hal tersebut lantaran dalam melakukan tugasnya, hampir dipastikan mendapat tekanan dari berbagai pihak yang merasa dirugikan apabila informasi keuangannya dibongkar.

Diketahui, Tim Satgas ini akan bekerja untuk mengamati Politically Exposed Persons (PEP) dan mengawasi aliran dana menjelang Pemilu.

Sejumlah tugas yang dilakukan Satgas Pemilu diantaranya, pertama, mengamati profil yang ada dalam database Politically Exposed Persons (PEP).

Baca Juga: Ada Amunisi Baru Merampas Aset Hasil Tindak Pidana

Kedua, mengawasi aliran dana menjelang Pemilu. Berdasarkan hasil riset PPATK pada tahun 2013-2014 dan 2018-2019, para kandidat yang berkontestasi dalam pemilu telah menyiapkan kapitalnya dalam kurun waktu bervariasi menjelang pemilu.

Adapun Tim Satgas Pemilu PPATK dibentuk setiap menjelang gelaran Pemilu. Satgas Pemilu tersebut telah mulai bekerja mulai dari sekarang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×