kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45925,41   -5,94   -0.64%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Teten Masduki sebut banpres produktif telah tersalur 100%


Rabu, 07 Oktober 2020 / 18:20 WIB
Teten Masduki sebut banpres produktif telah tersalur 100%
ILUSTRASI. Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki menekankan bahwa perluasan pasar produk UMKM dan pelatihan peningkatan kapasitas SDM UMKM sebaiknya bekerja sama dengan platform digital.


Reporter: Abdul Basith Bardan | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Teten Masduki memastikan program Bantuan Presiden (Banpres) produktif usaha mikro telah tersalur 100%.

Banpres produktif usaha mikro merupakan salah satu bagian dari program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Total pelaku usaha mikro yang menerima bantuan sebanyak 9 juta pelaku usaha mikro.

"Sejak diluncurkan program banpres produktif untuk usaha mikro ini per 6 Oktober sudah 100%," ujar Teten saat konferensi pers, Rabu (7/10).

Teten bilang, banpres produktif usaha mikro memang dibutuhkan di tengah pandemi virus corona (Covid-19). Pasalnya saat pandemi Covid-19 pelaku usaha mikro mengalami penurunan penghasilan.

Baca Juga: Salurkan Banpres Produktif tahap 2, KemenKop UKM gandeng KPK

Oleh karena itu, banpres produktif usaha mikro akan memberikan bantuan sebesar Rp 2,4 juta per pelaku usaha. Bantuan tersebut diharapkan dapat menambah modal bagi pelaku usaha.

Meski begitu, Teten bilang masih banyak pelaku usaha mikro yang belum mendapatkan bantuan. Pasalnya berdasarkan estimasi, terdapat lebih dari 20 juta pelaku usaha mikro yang berstatus unbankable.

Oleh karena itu, pemerintah akan menambah jumlah penerima banpres produktif usaha mikro. Teten bilang jumlah penerima akan ditambah sebanyak 3 juta pelaku usaha mikro.

"Akan kami salurkan dan hari ini pun saya kira kita minggu ini pun sudah mulai menyalurkan untuk 3 juta berikutnya," terang Teten.

Baca Juga: Tujuh bulan penanganan Covid-19, Jokowi: Saya ingin menteri kerja lebih baik

Oleh karena itu, Teten meminta kepada pelaku usaha mikro mendaftar untuk mendapatkan bantuan tersebut. Pendaftaran bisa melalui Dinas Koperasi dan UKM di daerah, mau pun lembaga pembiayaan lain.

Saat ini anggaran pun telah diterima dari Kementerian Keuangan terkait tambahan penerima. Diharapkan adanya banpres produktif usaha mikro akan mampu bertahan di tengah pandemi Covid-19.

Selanjutnya: Penyerapan BLT UMKM baru 64,5%, pelaku usaha masih bisa daftar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×