kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Suara dentuman terdengar di Bandung berkali-kali, begini penjelasan BMKG Bandung


Kamis, 21 Mei 2020 / 13:35 WIB
Suara dentuman terdengar di Bandung berkali-kali, begini penjelasan BMKG Bandung
ILUSTRASI. Sejumlah pengendara kendaraan bermotor melintas di Jalan Asia Afrika, Bandung, Jawa Barat, Jumat (28/9). Pemerintah Kota Bandung akan mengkaji usulan Kementerian Perhubungan tentang penerapan pembatasan kendaraan dengan metode ganjil genap yang rencananya


Sumber: TribunNews.com | Editor: Sanny Cicilia

KONTAN.CO.ID - BANDUNG. Suara dentuman terdengar di beberapa titik di Bandung Raya pada Kamis (21/5) pagi. Melalui berbagai media sosial, warganet tak sedikit yang mengaku mendengar suara mirip dentuman tersebut.

Kepala BMKG Stasiun Geofisika Klas I Bandung, Tony Agus Wijaya mengatakan secara ilmiah belum bisa memastikan. Bahkan analisis dari faktor gempa, cuaca dan petir tidak menunjukkan tanda-tanda.

"Tidak ada kejadian gempa bumi hari ini di sekitar Bandung. Cuaca di Bandung Raya pagi hari hingga kini kondisi cerah dan berawan, tidak terjadi hujan.

Tidak ada kejadian petir di Bandung Raya hingga kini. Perlu dianalisis penyebab sumber suara dari faktor selain gempa, cuaca, dan petir," ujar Tony saat dikonfirmasi Tribun melalui ponselnya, di Kota Bandung, Kamis (21/5).

Menurutnya, dari rekaman seismograf di sekitar Bandung juga tidak ada menunjukkan kejadian gempa bumi. Bahkan, berdasarkan citra radar cuaca hingga pukul 09.32 WIB. Secara umum cuaca di wilayah Bandung Raya cerah tidak menunjukkan terjadi hujan.

"Secara umum kondisi cuaca di wilayah kota Bandung dan sekitarnya cerah dan berawan," katanya.

Menurutnya, dari data "lightning detector" pengamatan petir hingga pukul 9.30 WIB, menunjukkan terdapat satu kilat pada jarak 250 kilometer arah tenggara lembang.

"Itu pun di sekitar Yogyakarta. Sangat jauh dan tidak berdampak ke wilayah Bandung," ujarnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Terdengar Dentuman Berulang Kali di Bandung Raya, Begini Penjelasan BMKG Bandung

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×