kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Terbaru, Info Prakerja 2023 Dari Manajemen Kartu Prakerja


Rabu, 01 Februari 2023 / 10:05 WIB
Terbaru, Info Prakerja 2023 Dari Manajemen Kartu Prakerja
ILUSTRASI. Terbaru, Info Prakerja 2023 Dari Manajemen Kartu Prakerja


Reporter: Adi Wikanto | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Info Prakerja 2023 terbaru datang dari Manajemen Program Kartu Prakerja. Tanggal berapa Prakerja tahun 2023 dibuka?

Diberitakan Kompas.com, pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 48 akan segera dibuka pada triwulan pertama di 2023. Berbeda dari pelaksanaan sebelumnya, program Kartu Prakerja gelombang pertama di 2023 ini akan diadakan dengan skema normal pasca pandemi Covid-19.

Ini berarti ada sejumlah perbedaan yang akan diberlakukan pada pelatihan gelombang 48 nanti.

Perbedaan Prakerja gelombang 48

Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja (MPPKP) Kurniasih Suditomo menyebutkan, terdapat sejumlah perbedaan antara program Kartu Prakerja gelombang 48 dengan pelaksanaan edisi sebelumnya. Program Kartu Prakerja gelombang 48 akan lebih fokus pada pada peningkatan kompetensi, produktivitas, kewirausahaan, dan daya saing angkatan kerja melalui pelatihan keterampilan peserta.

Baca Juga: 12 Keterampilan yang Jadi Prioritas di Pelatihan Kartu Prakerja, Apa Saja?

Pelatihan program Kartu Prakerja gelombang 48 ini juga akan diprioritaskan dalam bidang tertentu. Bidang tersebut disesuaikan dengan keterampilan yang dibutuhkan di masa ini dan mendatang. "Program Kartu Prakerja gelombang 48 ini akan berfokus pada keterampilan di bidang bisnis, perkantoran, manufaktur, ekonomi kreatif, teknik, pertanian, jasa perorangan, dan hospitality," kata Kurniasih yang juga Direktur Kemitraan, Komunikasi dan Pengembangan Ekosistem Prakerja.

Tidak hanya itu, pihaknya juga sengaja memperketat proses seleksi lembaga pelatihan yang akan mengisi kelas prakerja. Ia menyatakan, akan ada lebih dari 90 indikator penilaian untuk memastikan standar kualitas pelatihan dari lembaga-lembaga tersebut.

Tim ahli independen juga akan dilibatkan untuk memantau jalannya Program Kartu Prakerja dari para lembaga pelatihan.

Perbedaan kelas pelatihan

Selain dari sisi lembaga penyedia kelas pelatihan, Prakerja gelombang 48 juga akan berbeda bagi peserta yang menjalaninya. Salah satu perbedaan itu adalah pelaksanaan pelatihan yang dilakukan secara online hanya akan diadakan melalui webinar langsung. Ini berbeda dari gelombang sebelumnya yang menyediakan rekaman video untuk pelatihan online.

Head Kemitraan dan Program MPPKP Dwina M. Putri menjelaskan lebih lanjut beberapa perubahan yang akan muncul dalam gelombang kelas terbaru ini, seperti:

  • Penambahan durasi pelatihan menjadi minimal 15 jam, semula minimal 6 jam.
  • Moda pelatihan berlangsung secara online, offline, dan bauran (hybrid) yang dilakukan secara bertahap.

Program ini boleh diikuti oleh penerima bantuan dari kementerian atau lembaga lain, seperti Bantuan Sosial. Ini berbeda dari edisi sebelumnya yang tidak bisa diikuti penerima bantuan lain.

Peserta Prakerja 2023 akan menerima bantuan dana senilai Rp 4,2 juta per individu dengan rincian sebagai berikut:

  • Bantuan biaya pelatihan Prakerja 2023 sebesar Rp 3,5 juta.
  • Insentif pasca pelatihan Prakerja 2023 Rp 600 ribu untuk biaya transportasi dan internet yang diberikan sebanyak 1 kali.
  • Insentif survei Prakerja 2023 sebesar Rp 100 ribu untuk dua kali pengisian survei.

Dwina menambahkan, Program Kartu Prakerja gelombang 48 yang dilakukan secara offline baru akan berlangsung di 10 kota besar di Indonesia. Setelah itu, baru secara bertahap akan ditingkatkan ke seluruh Tanah Air. “Dimulai dari Jabodetabek, Bandung, Semarang, Surabaya, Medan, Bali, Pontianak, Makassar, Kupang, dan Jayapura,” katanya.

Sementara pelatihan Prakerja 2023 secara online dapat diikuti dari seluruh provinsi. Sebagai catatan, Program Kartu Prakerja telah dibuka sejak April 2020 hingga terakhir berlangsung pada akhir 2022.

Cara daftar atau membuat akun Prakerja 2023 Gelombang ke-48

Akun Prakerja hanya bisa dibuat melalui laman resmi Prakerja di prakerja.go.id. Berikut cara daftar atau membuat akun Prakerja:

  1. Masuk ke laman prakerja.go.id
  2. Masukkan alamat email yang masih aktif pada halaman depan laman Prakerja, klik bulatan berwarna biru yang ada di samping kanan kolom email.
  3. Masukkan kembali alamat email yang sebelumnya digunakan, kali ini beserta kata sandinya.
  4. Berikan tanda centang pada kolom persetujuan, kemudian Klik "Daftar".
  5. Pesan berisi tautan untuk memverifikasi akun akan dikirimkan melalui email.
  6. Buka email yang masuk dan verifikasi akun dengan mengklik teks "verifikasi sekarang" pada email yang diterima.
  7. Pembuatan akun Prakerja selesai.

Cara login dashboard Prakerja 2023

Setelah daftar atau membuat akun, kamu bisa masuk atau login ke dashboard Prakerja. Berikut cara login dashboard Prakerja

  1. Masuk ke laman prakerja.go.id
  2. Klik "Masuk" yang ada di bagian menu yang terletak di bagian kanan atas laman.
  3. Masukkan alamat email dan kata sandi yang telah dibuat.
  4. Selesai, kamu telah masuk di dashboard Prakerja
  5. Setelah masuk ke akun, kamu bisa memulai proses pendaftaran dengan mengisikan data diri dan mengunggah dokumen yang diperlukan.
  6. Selanjutnya kamu diminta memasukkan nomor ponsel yang juga didaftarkan untuk akun rekening/e-wallet yang akan dipilih untuk menyalurkan dana insentif nantinya, jika lolos seleksi. Pilihannya adalah rekening BNI, rekening BCA, OVO, GoPay, LinkAja, dan Dana.

Syarat mendaftar Prakerja Gelombang 48 tahun 2023

Syarat mendaftar Program Kartu Prakerja Gelombang 48 tahun 2023 antara lain:

  1. WNI berusia 18 tahun ke atas
  2. Tidak sedang menempuh pendidikan formal
  3. Sedang mencari kerja, pekerja/buruh yang terkena PHK, atau pekerja/buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi kerja, seperti pekerja/buruh yang dirumahkan dan pekerja bukan penerima upah, termasuk pelaku usaha mikro & kecil
  4. Bukan Pejabat Negara, Pimpinan dan Anggota DPRD, ASN, Prajurit TNI, Anggota Polri, Kepala Desa dan perangkat desa dan Direksi/Komisaris/Dewan Pengawas pada BUMN atau BUMD
  5. Maksimal 2 NIK dalam 1 KK yang menjadi Penerima Kartu Prakerja

Itulah informasi terbaru Prakerja 2023. Ingat, pendaftaran Prakerja 2023 akan dibuka kuartal I 2023, segera buat akun di dashboard Prakerja.go.id.

Sebagian artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pendaftaran Prakerja Gelombang 48 Segera Dibuka, Ini Infonya",

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×