kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45899,85   2,25   0.25%
  • EMAS1.378.000 0,95%
  • RD.SAHAM 0.17%
  • RD.CAMPURAN 0.09%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.03%

Technology Days 2023 Ajak Pelaku Industri Kolaborasi Kembangkan Solusi Digital


Jumat, 16 Juni 2023 / 15:03 WIB
Technology Days 2023 Ajak Pelaku Industri Kolaborasi Kembangkan Solusi Digital


Reporter: Tim KONTAN | Editor: Indah Sulistyorini

KONTAN.CO.ID - Perusahaan telekomunikasi nasional, PT XL Axiata Tbk atau XL Axiata menggelar acara "XL Axiata Technology Days 2023" selama dua hari pada tanggal 14-15 Juni 2023. Acara yang mengusung tema "Reinvent Humanity" itu bertujuan untuk terus memperluas pemanfaatan teknologi 5G, Internet of Things (IoT), dan Artificial Intelligence (AI) dalam mendukung industri, pendidikan, smart city, dan kehidupan sosial.

Selama XL Axiata Technology Days 2023, diadakan juga pameran teknologi 5G, IoT, dan AI untuk manfaat sosial, pendidikan, lingkungan, energi, dan lain-lain. Beberapa pameran tersebut mencakup implementasi smart mining, realitas virtual, kecerdasan buatan, dan robotika untuk memenuhi kebutuhan industri dan masyarakat. Semua pameran ini diselenggarakan di Lobby Gedung XL Axiata Tower, sehingga memungkinkan peserta untuk melihat dan mencoba langsung pengalaman dari teknologi yang dipamerkan.

Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa menyatakan, Technology Days 2023 turut menjadi ajang perkembangan ekosistem telekomunikasi di Indonesia. Dengan menggandeng pengembang teknologi dan ahli dari perguruan tinggi, acara itu memberikan masukan dan perkembangan layanan bisnis berbasis digital.

Menurutnya, layanan telekomunikasi harus bertransformasi menjadi solusi berbasis digital di masa depan. Pasalnya, di zaman yang serba dinamis ini, para pelaku industri telekomunikasi harus memahami solusi yang ditawarkan oleh teknologi digital. Untuk itu, XL Axiata mengundang semua pihak untuk saling berkolaborasi menciptakan berbagai solusi berbasis digital agar berguna untuk kehidupan sosial.

“Oleh karena itu, kolaborasi antara berbagai pihak yang berkepentingan dalam penyediaan solusi digital akan mempercepat perkembangan bisnis layanan solusi digital berbasis telekomunikasi di masa depan," kata Gede.

Untuk mengembangkan solusi berbasis digital, XL Axiata juga bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan terkemuka seperti Ericsson, Huawei, Nokia, ZTE, Telecom Infra Project (TIP), Microsoft, dan Amazon Web Service (AWS).

Dengan kerja sama tersebut, Gede menjelaskan XL Axiata telah mengembangkan berbagai solusi digital yang banyak digunakan dalam dunia industri, seperti smart mining, smart building, smart factory, dan juga telah diterapkan oleh pemerintah dalam bentuk smart city, misalnya IoT based smart street light. Selain itu, terdapat juga smart agriculture, smart fishery, dan masih banyak yang kini tengah dikembangkan pada laboratorium IoT milik XL Axiata, X-Camp.

Dengan adanya acara Technology Days 2023 ini, Gede berharap XL Axiata dapat memberikan wawasan tambahan bagi peserta acara, serta mendorong industri teknologi dan telekomunikasi untuk terus berinovasi dalam menyediakan solusi berbasis digital dengan memanfaatkan teknologi terkini. Tak hanya itu, Gede berharap kolaborasi yang telah terjalin dengan berbagai stakeholder mampu mendorong percepatan pengembangan infrastruktur berbasis digital.

Sebagai informasi, acara ini dibuka oleh Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa, dan Direktur Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika, Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, Dr. Ismail MT, di Gedung XL Axiata Tower, Jakarta, pada hari Rabu (14/6).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Pre-IPO : Explained Supply Chain Management on Efficient Transportation Modeling (SCMETM)

[X]
×