kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,51   7,16   0.77%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Taufik Effendi ditanya seputar Markus Nari


Jumat, 05 Januari 2018 / 20:23 WIB
Taufik Effendi ditanya seputar Markus Nari


Reporter: Anggar Septiadi | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Mantan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara (Menpan) periode 2004-2009 dan anggota DPR RI 2009-2013 Taufik Efendi hari ini, Jumat (5/1) menjalani pemeriksaan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terhadap tersangka Markus Nari.

Datang pada pukul 09:00 ke Gedung KPK Taufik baru keluar menjelang pukul 18:00, dan sempat keluar untuk Salat Jumat pada pukul 11:30 dan kembali pada pukul 13:00 untuk melanjutkan pemeriksaan.

Meski memakan waktu lama, Taufik mengaku hanya ditanya tiga pertanyaan oleh penyidik KPK. Sementara pertanyaannya hanya seputar hubungannya dengan Markus Nari.

"Sekitar dua hingga tiga pertanyaan. Kenal tidak dengan Markus Nari. Kemudian soal kebijakan-kebijakan umum saja," katanya kepada KONTAN saat ia meninggalkan Gedung KPK.

Ia juga mengaku tak menerima uang terkait kasus korupsi E-KTP. "Tidak, saya tidak terima uang," lanjutnya.

Nama Taufik sendiri pernah disebut oleh mantan Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri Irman dan mantan Direktur Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan Kementerian Dalam Negeri Sugiharto dalam dakwaan perkara e-KTP. Taufik diduga menerima USD 103 ribu dalam kasus ini.

Belakangan KPK memang mulai kembalienggali beberapa nama terkait penyidikan dengan tersangka Markus Nari. Misalnya Ganjar Pranowo, Melchias Marcus Mekeng, Olly Dondokambey, Mirwan Amir, dan Tamsil Linrung. Sementara itu baru Mirwan Amir yang memenuhi panggilan.

Pada Kamis (4/1) kemarin KPK baru saja menolak eksepsi dari terdakwa korupsi e-KTP yaitu Setya Novanto.

Juru bicara KPK Febri Diansyah mengaku KPK telah memiliki bukti yang cukup untuk merinci perbuatan terdakwa.

"Tinggal pembuktian saja. Lengkapnya nanti lihat di persidangan," katanya kepada KONTAN di kesempatan berbeda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Tag


TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×