kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45878,05   -4,88   -0.55%
  • EMAS937.000 0,43%
  • RD.SAHAM -0.64%
  • RD.CAMPURAN -0.17%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.01%

Targetkan bebas pandemi pada 17 Agustus, simak langkah yang disiapkan Satgas Covid-19


Jumat, 19 Februari 2021 / 09:54 WIB
Targetkan bebas pandemi pada 17 Agustus, simak langkah yang disiapkan Satgas Covid-19
ILUSTRASI. Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito

Reporter: Anna Suci Perwitasari | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Doni Monardo menargetkan Indonesia bebas dari pandemi Covid-19 pada 17 Agustus 2021. 

Terkait hal ini, Juru Bicara Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menyampaikan langkah-langkah yang diupayakan pemerintah untuk mencapai target tersebut. 

"Pada prinsipnya pengendalian penularan Covid-19 yang terjadi di masyarakat merupakan hal yang penting untuk dilakukan sehingga pandemi Covid-19 ini dapat betul-betul terkendali," kata Wiku dalam konferensi pers yang ditayangkan YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (18/2). 

Wiku mengatakan, pengendalian penularan virus saat ini dilakukan dengan mengimplementasikan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) skala mikro. Melalui mekanisme ini, protokol kesehatan diperketat hingga ke tingkat desa dan kelurahan. 

Selanjutnya, pemerintah mengaku akan memperkuat 3T atau testing, tracing, dan treatment. Menurut Wiku, penguatan 3T dilakukan secara gotong royong yang melibatkan tenaga kesehatan hingga personel TNI dan Polri di tingkat kabupaten/kota dan desa. Pemerintah berjanji untuk memastikan 3T dilakukan secara tepat sasaran dan sesuai standar kesehatan. 

"Dengan demikian angka kesembuhan juga dapat meningkat dan angka kematian dapat menurun," ucap Wiku. 

Baca Juga: 3 Kesalahan pemakaian masker menurut Satgas Covid-19

Selain itu, pemerintah berjanji memastikan ketersediaan fasilitas dan tenaga kesehatan. Hal ini supaya pelayanan kepada pasien Covid-19 dapat dilakukan secara maksimal. Langkah lain yang penting yakni mengakselerasi program vaksinasi Covid-19. 

Melalui program vaksinasi nasional diharapkan terbentuk kekebalan komunitas atau herd immunity sehingga semakin banyak masyarakat yang terlindungi dari virus corona. 

Menurut Wiku, Indonesia bisa dikatakan berhasil mengendalikan pandemi jika kasus positif, kasus aktif, dan tingkat kematian menurun, serta di saat bersamaan angka kesembuhan meningkat. 

"Ini menjadi pertanda yang positif bahwa Indonesia dapat secara bertahap keluar dari pandemi Covid-19," kata dia. 

Sebelumnya, Doni Monardo menyampaikan targetnya dalam Rapat Koordinasi Satuan Tugas Penanganan Covid-19 secara virtual di kanal YouTube Pusdalops BNPB, Senin (15/2). 

"Target kami adalah pada 17 Agustus yang akan datang harus betul-betul terbebas dari Covid. Artinya, Covid betul-betul pada posisi yang dapat dikendalikan," kata Doni.  

Menurut dia, kondisi tersebut dapat dicapai dengan kebijakan pemerintah yang tepat dan kepatuhan masyarakat. (Fitria Chusna Farisa)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Satgas Covid-19 Targetkan Indonesia Bebas Pandemi pada 17 Agustus, Ini Langkahnya".

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Menagih Utang Itu Mudah Batch 5 Data Analysis & Visualization with Excel Batch 3

[X]
×