kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Target Rampung Akhir Juli 2022, Renovasi TMII Sudah Capai 70%


Jumat, 15 Juli 2022 / 17:37 WIB
Target Rampung Akhir Juli 2022, Renovasi TMII Sudah Capai 70%
ILUSTRASI. PT Brantas Abipraya menangani proyek Penataan Lanskap Pulau-Pulau di Danau Archipelago dan Revitalisasi empat danau di Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Renovasi TMII ditargetkan kelar akhir Juli 2022.


Reporter: Vina Elvira | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Taman Mini Indonesia Indah (TMII) sedang direnovasi. Progres rata-rata seluruh pekerjaan renovasi TMII di Jakarta Timur sudah di atas 70%, dan targetnya rampung pada akhir Juli 2022.

"Kecuali pada pekerjaan Tugu Pancasila atau Tugu Api karena harus dipasang 17 layer tembaga yang detailnya mungkin akan selesai pada Agustus 2022," kata Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dalam keterangan resminya Jumat (15/7).

Basuki menjelaskan, tujuan utama renovasi TMII adalah untuk meningkatkan pelayanan destinasi wisata yang sudah berdiri sejak tahun 1970-an itu.

Renovasi TMII ini merupakan bagian dari upaya merawat bangunan lama yang bersejarah. Seperti halnya renovasi Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta yang dilakukan untuk menyelenggarakan Asian Games 2018.

Baca Juga: Renovasi TMII, Pemerintah Alokasikan Rp 1,13 Triliun

Dia menyebutkan, salah satu perbaikan yang tengah dilakukan adalah penataan lanskap pulau-pulau di Danau Archipelago.

"Kami juga lakukan perbaikan anjungan provinsi yang sebelumnya terkotak-kotak dengan pagar besi beton, sekarang menjadi menyatu tanpa sekat antar anjungan dengan lanskap hijau yang baik," tambah Basuki.

Selain untuk peningkatan layanan wisata, renovasi TMII juga untuk persiapan Presidensi Indonesia dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 pada November 2022. TMII akan dipakai sebagai lokasi dinner (jamuan makan malam) G20.

TMII merupakan kawasan taman wisata yang merangkum ragam budaya bangsa Indonesia, termasuk aspek kehidupan sehari-hari yang ditampilkan dalam anjungan daerah berarsitektur tradisional, serta menampilkan aneka busana, tarian dan tradisi daerah.

Melalui pengelolaan PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko, TMII ditransisi menjadi The Ultimate Showcase of Indonesia.

Direktur Utama PT TWC Edy Setijono mengatakan revitalisasi TMII itu dilakukan untuk mendukung penyelenggaraan Presidensi G20 2022. Selain itu, revitalisasi ini berfungsi untuk mengembalikan marwah TMII seperti sediakala.

"Renovasi ini dilakukan untuk mengembalikan marwah seperti sediakala. Seperti proporsi ruang terbuka hijau dengan bangunan yang dulu perbandingannya 70:30, saat ini kebalikannya. Selain itu, kami agendakan aktivitas destinasi dengan bekerja sama dengan berbagai pihak terkait," imbuh Edy.

Baca Juga: Masih Proses Revitalisasi, TMII Ditutup Sementara Hingga Agustus 2022

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×