kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45963,73   -4,04   -0.42%
  • EMAS1.310.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Target Juli 2023, Nama Cawapres Anies Baswedan Sudah Diumumkan


Sabtu, 25 Maret 2023 / 23:58 WIB
Target Juli 2023, Nama Cawapres Anies Baswedan Sudah Diumumkan
ILUSTRASI. Bakal Calon Presiden dari Partai NasDem, Anies Baswedan (tengah) berjabat tangan dengan warga seusai melaksanakan shalat Jumat


Sumber: Kompas.com | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ketua DPP Partai Nasdem Sugeng Suparwoto mengungkapkan target penentuan calon wakil presiden (cawapres) untuk Anies Baswedan.

Ia mengatakan, tim kecil Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) menargetkan cawapres sudah ditentukan pertengahan tahun 2023.

“Dipastikan kurang lebih satu bulan atau paling lambat satu bulan sebelum pendaftaran,” ujar Sugeng dalam konferensi pers di Nasdem Tower, Gondangdia, Menteng, Jakarta, Sabtu (25/3/2023).

Baca Juga: Anies Baswedan dan AHY Kembali Pamer Kedekatan Dibuka Puasa Nasdem

“Artinya bisa lebih cepat, bahkan ada sebuah rank-rankan (perhitungan) bulan Juli tampaknya sudah (ada cawapres),” sebut dia.

Ia tak ingin penentuan cawapres dilakukan terlalu mepet dengan pendaftaran calon presiden (capres) dan cawapres di Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Oktober 2023.

Sugeng juga mendorong koalisi parpol yang telah memenuhi presidential threshold 20 persen kursi DPR RI untuk melakukan langkah yang sama.

“Supaya masyarakat juga menjadi tahu siapanya, supaya masyarakat men-excercise presiden, dan calon wakil presiden itu apa sih? Siapa coba? Kelebihan, kekurangannya di mana?,” papar dia.

Ia menceritakan, langkah penentuan capres sejak dini membawa keuntungan. Sebab, Sugeng mengklaim, Anies selalu mendapatkan sambutan baik dari masyarakat di berbagai wilayah.

“Itu adalah sebuah proses yang baik, saya kira masyarakat sejak awal sudah tahu siapa calon presidennya, dengan berbagai pertanyaan-pertanyaan, baik yang terstruktur maupun yang sifatnya spontanitas, itu menggugah betul,” imbuh dia.

Baca Juga: Tentukan Cawapres, Anies Baswedan Minta Bantuan Tim Kecil KPP

Diketahui KPP telah resmi terbentuk dengan penandatanganan nota kesepakatan dari ketua umum Partai Nasdem, Partai Demokrat, dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Tapi, deklarasi besar-besaran baru akan dilakukan setelah penentuan cawapres.

Ketiga parpol telah menyerahkan keputusan penentuan cawapres pada Anies, meskipun Anies meminta bantuan dari Tim Delapan KPP yang berisi perwakilannya, dan masing-masing parpol.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Nasdem Sebut Target Penentuan Cawapres Anies Juli 2023"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×