kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45845,50   -13,12   -1.53%
  • EMAS1.344.000 -0,22%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tak Kunjung Realisasikan Penugasan Impornya, Kemendag Tegur Tiga Importir Gula


Senin, 27 Mei 2024 / 16:36 WIB
Tak Kunjung Realisasikan Penugasan Impornya, Kemendag Tegur Tiga Importir Gula
ILUSTRASI. tiga perusahaan yang ditegur karena impor gula adalah PT Sukses Mantap Sejahtera, PT Gunung Madu Plantantions dan PT Pemukasakti Manis Indah


Reporter: Lailatul Anisah | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kementerian Perdagangan (Kemendag) mengklaim telah melayangkan surat teguran terhadap tiga perusahaan impor gula yang tak kunjung merealisasikan kuota impornya. 

Direktur Bahan Pokok dan Barang Penting Kemendag, Bambang Wisnu Subroto menyebutkan tiga perusahaan tersebut di antaranya adalah PT Sukses Mantap Sejahtera, PT Gunung Madu Plantantions dan PT Pemukasakti Manis Indah.

"Tiga importir pemilik persetujuan impor gula kristal mentah untuk diolah menjadi gula kristal putih ini sampai dengan akhir April 2024 belum sama sekali merealisasikan impornya," kata Bambang dalam Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi, Senin (27/5).

Bambang mengatakan berdasarkan hasil rapat Neraca Komoditas 2024, pemerintah telah ditetapkan kebutuhan impor 708.609 ton setara Gula Kristal Putih (GKP). 

Baca Juga: Pemerintah Minta Pengusaha Segera Ajukan Izin Impor Jika Barang Tertahan di Pelabuhan

Kemudian, Kemendag sendiri telah menerbitkan sebanyak 11 persetujuan impor (PI) gula konsumsi sebesar 529.550 ton GKP atau 74,74% dari alokasi kebutuhan impor.

Sementara realisasi impor gula konsumsi baru mencapai 380.240 ton GKP atau 71,80% dari persetujuan impor yang telah diterbitkan.

Bambang memastikan realisasi impor gula terus didorong masuk sampai dengan akhir Mei ini. Selanjutnya, ia juga memastikan kebutuhan gula sampai Agustus mendatang dapat terpenuhi karena musim giling akan dimulai.

"Karena saat ini sudah memasuki giling, harapannya nanti harga di pasaran juga bisa berangsur turun," ungkapnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung Negotiation For Everyone

[X]
×